Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Pusat Dinilai Kurang Dukung Formula E, Ini Kata Jokowi

Kurangnya dukungan Pemerintah Pusat mencuat setelah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) absen dalam daftar sponsor Formula E.
Foto udara Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (31/5/2022)./Antara @alivikry
Foto udara Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (31/5/2022)./Antara @alivikry

Bisnis.com,JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah tudingan Pemerintah pusat tidak  mendukung gelaran Formula E Jakarta di Jakarta International E-prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara Sabtu (4/6/2022). Terlebih menurutnya dia sempat ikut meninjau pembangunan sirkuit balapan mobil listrik tersebut pada April silam.

"Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat persiapan, kemudian juga semua yang berkaitan dengan barang-barang masuk, bea cukai," kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta International E-prix Circuit, Sabtu (4/6/2022).

"Kemudian Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga, izin semua dikeluarkan. Itu bentuk dukungan," imbuhnya.

Kepala Negara sebelumnya juga mengungkapkan Formula E Jakarta menjadi sebuah tontonan yang akan makin digemari dan juga bagus untuk membangun ekosistem baterai listrik di Indonesia.

“Ini baik juga untuk Negara kita, karena kita ingin membangun ekosistem baterai listrik mulai dari nikel, raw material, smelter, industri lithium baterai kemudian mobil listriknya. Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di formula e akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan,” katanya.

Kurangnya dukungan Pemerintah Pusat mencuat setelah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) absen dalam daftar sponsor Formula E. Sebelumnya Kepala Pelaksana  Formula E Ahmad Sahroni mengaku berharap BUMN dapat menjadi sponsor ajang balapan mobil listrik tunggal itu.

Terkait hal tersebut , Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan alasannya. "Kita partisipasi di banyak tempat, ada G20, ada juga beberapa event yang sudah ditugaskan," kata Erick saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Meski Formula E tak mendapat dukungan sponsor dari perusahaan BUMN, ajang balapan mobil listrik tersebut berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022. Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim siap bertarung dalam seri ke-9 balap mobil listrik Formula E Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper