Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Sebut Sorgum Bisa Jadi Alternatif Pangan Selain Beras dan Jagung

FAO dan PBB telah memberikan peringatan potensi krisis pangan global sehingga diversifikasi pangan di Indonesia seperti sorgum diharapkan menjadi salah satu solusi.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 02 Juni 2022  |  11:29 WIB
Jokowi Sebut Sorgum Bisa Jadi Alternatif Pangan Selain Beras dan Jagung
Presiden Jokowi tiba di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Kamis (2/6/2022) - Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Organisasi Pangan Dunia (FAO) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan peringatan krisis pangan yang berpotensi terjadi secara global.

"Ini sudah kelihatan, harga-harga pangan dunia semuanya naik. Oleh sebab itu, harus ada rencana besar, harus ada plan negara kita menghadapi ancaman krisi pangan itu," katanya usai melakukan kegiatan menanam bibit dan meninjau panen sorgum di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (2/6/2022), dikutip dari YouTube Setpres.

Jokowi menambahkan, ada banyak pilihan bahan pangan yang bisa dikembangkan di Indonesia sehingga ketergantungan terhadap beras bisa dikurangi.

"Ada diversifikasi pangan dan alternatif bahan pangan, tidak hanya tergantung pada beras seperti jagung, sagu, dan juga sorgum," imbuhnya.

Menurutnya, pengembangan sorgum di Sumba Timur termasuk berhasil dan menjadi komoditas pangan bernilai ekonomi serta menyerap banyak tenaga kerja.

Bahkan, kata Kepala Negara, dalam satu hektare lahan sorgum per tahun bisa menghasilkan sekitar 50 ton atau 4 ton per bulan.

Jokowi berharap, sorgum bisa menjadi alternatif pangan utama di kawasan Sumba Timur dan provinsi NTT pada umumnya selain jagung dan beras.

"Problemnya apa sudah ketemu, kita akan perbesar tanaman sorgum ini di NTT, dengan harapan kita memiliki alternatif pangan dalam rangka menghadapi krisi pangan dunia," ujarnya.

Jokowi juga membuka kemungkinan ekspor komoditas sorgum jika kebutuhan nasional sudah terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pangan ntt ketahanan pangan harga pangan
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top