Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Sungai Aaree Swiss, Tempat Hilangnya Anak Sulung Ridwan Kamil

Sungai Aaree adalah sungai terpanjang di Swiss, terkenal sangat eksotis tapi menghanyutkan.
Swiss/Ilustrasi
Swiss/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, hilang terseret arus saat berenang di Swiss, Kamis (26/5/2022) siang kemarin. 

Kabar hilangnya Eril, demikian sapaan akrab Emmeril, menjadi perhatian masyarakat Indonesia.

Dari pemberitahuan resmi pihak keluarga, Elpi Nazmuzaman, insiden terjadi saat kondisi cuaca cerah di tempat kejadian. Eril bersama adik dan kawannya saat itu sedang berenang. 

Namun, karena arus sungai cukup deras Eril yang baru akan naik ke permukaan justru terseret.

Melansir informasi dari situs resmi Kota Bern terkait Sungai Aaree, arus di sungai tersebut memang dikenal kuat. Berikut ini fakta dari sungai Aaree:

1. Surganya Pecinta Air

Tak hanya keindahan sungai yang memikat, pemandangan kota tua yang tersedia dari sana pun begitu megah. Berenang disana dianggap sebagai pengalaman otentik yang tak bisa dilewatkan beigtu saja. Air di sungai Aare memiliki suhu sekitar 20 derajat sehingga nyaman untuk aktivitas dalam air. 

2. Sungai Terpanjang di Swiss

Sungai Aaree terbentang sepanjang 288 km, merupakan sungai terpanjang di Swiss. Aliran suangainya melewati tiga sisi kota Bern sehinngga disebut sebagai air yang membentuk kehidupan di kota tersebut. Muara sungai Aaree berada di Bernese Oberland. 

3. Dinobatkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia

Sungai Aaree (dibaca Aar), terkenal dengan warna airnya yang biru kehijauan sebening kristal. Di tahun 2017, UNESCO menobatkan sungai ini sebagai warisan budaya tak berbenda. UNESCO mencantumkan kegiatan yang ada di sungai Aaree dalam daftar tradisi di Swiss. 

4. Arus Sungai Cocok untuk Arung Jeram

Tak hanya aktivitas berenang, sungai ini juga cocok dilakukan untuk kegiatan arung jeram. Bahkan di tahun 2012 lalu, aktivitas arung jeram dengan total 1.268 orang yang menerjang arus sungai Aaree menjadi rekor dunia tersendiri bagi Kota Bern, Swiss. 

5. Kualitas Air yang Terjangkau

Sungai Aaree terkenal dengan kualitas air yang sudah terjamin baik oleh Uni Europe di tahun 2016. Bahkan, jika menelan air ketika berenang hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, 100 sumur di Kota Tua Bern bersumber dari aliran air sungai ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper