Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rusia Cekal 963 Warga AS, Termasuk Presiden Joe Biden dan Morgan Freeman

Rusia mencekal sejumlah warga AS masuk ke negaranya, termasuk Presiden AS Joe Biden dan aktor Morgan Freeman.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 22 Mei 2022  |  09:30 WIB
Morgan Freeman ketika memberikan sambutan dalam acara pembukaan Invictus Games di Orlando, Florida, AS, pada 2016. - Reuters/Carlo Allegri
Morgan Freeman ketika memberikan sambutan dalam acara pembukaan Invictus Games di Orlando, Florida, AS, pada 2016. - Reuters/Carlo Allegri

Bisnis.com, JAKARTA - Rusia menerbitkan "daftar cekal" yang diperbarui kemarin dengan melarang total 963 pejabat dan tokoh Amerika Serikat masuk ke negara itu termasuk Presiden AS Joe Biden.

Daftar terbaru itu mencakup mayoritas senator AS dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, mantan dan pejabat pemerintah saat ini dan para jurnalis. Selain itu, larangan masuk tersebut juga berlaku bagi personil militer, advokat, warga negara, CE dan bahkan beberapa orang yang telah meninggal juga masuk daftar.

Senator John McCain dari Arizona dan Wakil Direktur Badan Intelijen Pertahanan Melissa Drisko, yang keduanya meninggal pada 2018, termasuk dalam daftar seperti dikutip CNN.com, Minggu (22/5/2022).

Rusia juga menargetkan bintang Hollywood termasuk aktor Morgan Freeman dan produser film Rob Reiner pada tahun 2017. Reiner terlibat dalam mempromosikan grup The Committee to Investigate Russia, dan Freeman ditampilkan dalam sebuah video di situs tersebut.

Mike Pompeo, mantan Menteri Luar Negeri di bawah Presiden Donald Trump, juga terdaftar. Dia sebelumnya berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang campur tangan pemilu AS.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan orang-orang yang dilarang  asuk termasuk yang "menghasut Russophobia". Demikian juga dengan mereka yang mendorong sanksi pada Rusia  dan yang mencoba untuk memaksakan "tatanan dunia berbasis aturan" neokolonial ke seluruh dunia. Rusia  menyatakan mereka harus mengubah perilakunya dengan menyadari realitas geopolitik baru.

Daftar yang berkembang juga mencakup beberapa kontributor CNN, meskipun terdaftar untuk tugas mereka sebelumnya. Mereka adalah David Axelrod, John Kasich, Wesley Clark, James Clapper, dan Susan Glasser.

Nick Paton Walsh dari CNN, Editor Keamanan Internasional, juga terdaftar di "daftar cekal." Walsh sendiri adalah warga negara Inggris.

Dalam pengumuman terpisah pada Sabtu, Kementerian Luar Negeri Rusia juga mengumumkan nama-nama 26 warga Kanada yang dilarang memasuki negara itu, termasuk Perdana Menteri Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregoire Trudeau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Rusia pencekalan Joe Biden Perang Rusia Ukraina

Sumber : CNN.com

Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top