Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres: 2 Miliar Manusia Tidak Punya Akses ke Air Minum Aman

Wapres memerinci saat ini 2 miliar orang di dunia belum bisa mengakses air minum yang aman dan 3 miliar orang belum bisa mengakses sanitasi yang aman
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  13:28 WIB
Wapres Ma'ruf Amin dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di acara Sector Ministers Meeting (SMM) Sanitation and Water for All (SWA) 2022, Rabu (18/5/2022)  -  Akbar Evandio
Wapres Ma'ruf Amin dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di acara Sector Ministers Meeting (SMM) Sanitation and Water for All (SWA) 2022, Rabu (18/5/2022) - Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa akses terhadap sanitasi dan air minum yang aman merupakan hak asasi setiap manusia. 

"Mewujudkan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman serta Berkelanjutan bagi Semua menjadi salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yaitu Tujuan 6, yang harus kita capai pada 2030,” ujarnya dalam agenda Sector Ministers Meeting (SMM) Sanitation and Water for All (SWA) 2022, di Jakarta, Rabu (18/5/2022). 

Namun secara global, sambung Wapres, saat ini sekitar 2 miliar manusia tidak mempunyai akses yang baik terhadap air minum yang aman dan lebih dari 3 miliar orang tidak mempunyai akses terhadap sanitasi yang aman.

Dengan fakta tersebut, Wapres menilai setiap negara harus memiliki perencanaan yang jelas dengan indikator yang terukur serta menerapkan pendekatan yang holistik dalam membenahi permasalahan tersebut.

“Di Indonesia, akses terhadap air minum layak telah menjangkau lebih dari 90 persen penduduk, tetapi capaian akses air minum aman baru sekitar 11 persen,” katanya.

Dia menyebut, untuk akses sanitasi, saat ini sekitar 80 persen penduduk mempunyai akses sanitasi layak, sedangkan sanitasi aman baru dinikmati oleh sekitar 7 persen penduduk Indonesia.

Adapun, dalam agenda tersebut Wapres didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika.

Selain itu, turut hadir Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wapres Suprayoga Hadi, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan M. Nasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air minum sanitasi wapres ma'ruf amin
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top