Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-80: Ukraina Resmi Rebut Kharkiv, Uni Eropa Siap Embargo Bertahap Minyak Rusia

Rusia akan menghentikan pasokan listrik ke Finlandia mulai pukul Sabtu dini hari. Rusia juga telah kehilangan peralatan lapis baja.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 14 Mei 2022  |  09:39 WIB
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan Rusia ke wilayah Ukraina memasuki tengah pekan ke-12, atau jika dihitung sudah memasuki hari ke-80. Memasuki hari ke-80, pasukan Ukraina benar-benar sudah mengusir pasukan Rusia dari Kharkiv.

Hal ini disampaikan oleh Institute for the Study of War, jika pasukan Ukraina mencegah pasukan Rusia mengepung apalagi mengambil wilayah Kharkiv kembali dalam beberapa hari terakhir.

Selain kejadian tersebut, terdapat beberapa kejadian yang ada pada perang atau invasi Rusia ke Ukraina pada hari ke-80 ini. Dilansir dari The Guardian, Sabtu (14/5/22) berikut rangkuman kejadian yang terdapat pada hari ke-80 perang berlangsung.

Rangkuman Perang Rusia dan Ukraina Hari Ini

Ukraina Gagalkan Upaya Rusia Datang Ke Donbas

Badan Intelijen Pertahanan Inggris mengatakan, Rusia telah kehilangan peralatan lapis baja dari kelompok taktis batalion yang berisi sekitar 800 pasukan dengan kekuatan yang signifikan dalam kegagalan merekal untuk menyeberangi Sungai Donets Siversky, 12 mil (20 km) barat Severodonetsk.

Rusia Akan Tangguhkan Listrik Finlandia

Rusia akan menangguhkan pasokan listrik ke Finlandia mulai pukul Sabtu dini hari. RAO Nordic, selaku pemasok listrik mengatakan penangguhan ini dilakukan karena meningkatnya ketegangan atas tawaran Helsinki untuk bergabung dengan NATO.

Turki Tak Sambut Baik Rencana Finlandia dan Swedia Gabung NATO

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan, mengatakan bahwa Turki tidak akan menyambut baik Swedia atau Finlandia bergabung dengan NATO. Komentar itu muncul diarahkan pada Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dianggap Turki sebagai organisasi teroris.

Zelensky Ungkap Terjadi Negosiasi Alot di Azovstal

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan negosiasi berjalan dengan alot mengenai evakuasi warga sipil dan pembela Ukraina yang terluka parah dan petugas medis dari pabrik baja Azovstal di Mariupol, yang terus dibombardir pasukan Rusia.

Sedari beberapa hari lalu, Azovstal memang terus dibombardir pasukan Rusia meskipun ada koridor evakuasi yang dilakukan terhadap warga sipil yang berada disana.

Ukraina Siap Memasuki Fase Perang Panjang

Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, mengatakan jika fase panjang perang akan segera dimulai, dan dirinya meminta agar jutaan orang dipersenjatai untuk memulai fase ini. Dia memperingatkan jika hari sulit akan menghampiri negaranya dan Ukraina membutuhkan kesabaran, kemauan, dan persatuan ketika berada di fase tersebut.

Uni Eropa Setujui Embargo Bertahap Minyak dari Rusia

Uni Eropa akhirnya menyetujui embargo bertahap pada minyak Rusia minggu depan, meskipun ada kekhawatiran tentang pasokan di Eropa timur, menurut diplomat dan pejabat UE.

Seorang diplomat senior Uni Eropa mengatakan bahwa kesepakatan dapat dicapai paling cepat Senin ketika para menteri luar negeri Uni Eropa bertemu di Brussel. Seorang diplomat ketiga mengatakan ada kemungkinan kesepakatan akhir pekan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top