Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertempuran Pulau Ular: 5 Lusin Tentara Ukraina Tewas, 30 Drone Hancur!

Rusia mengklaim telah menewaskan 5 lusin pasukan khusus dan menghancurkan 30 pesawat tanpa awak Ukraina.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 11 Mei 2022  |  05:18 WIB
Sejumlah wanita Ukraina mengunjungi makam tentara kerabat mereka saat mengunjungi makan untuk menghormati kematian mereka di hari Minggu pertama setelah Paskah ditengah serangan Rusia terhadap Ukraina di Dnipro, Ukraina, Minggu (1/5/2022). - Antara/Reuters
Sejumlah wanita Ukraina mengunjungi makam tentara kerabat mereka saat mengunjungi makan untuk menghormati kematian mereka di hari Minggu pertama setelah Paskah ditengah serangan Rusia terhadap Ukraina di Dnipro, Ukraina, Minggu (1/5/2022). - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Pasukan Rusia terlibat pertempuran sengit dengan Angkatan Bersenjata Ukraina untuk memperebutkan Pulau Ular yang strategis di Laut Hitam.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengklaim bahwa pihaknya berhasil menggagalkan serangan  Ukriana dan berhasil membunuh setidaknya lima lusin tentara, termasuk pasukan khusus negara tersebut.

"Kampanye tanpa berpikir dari rezim Kyiv untuk merebut Pulau Zmeiny pada malam Hari Kemenangan menyebabkan kematian yang tidak masuk akal lebih dari lima lusin militan Ukraina dan personel militer unit elit Angkatan Bersenjata Ukraina," ujar Igor dalam keterangan resminya, Rabu (11/5/2022).

Igor menyebutkan bahwa setidaknya ada sekitar 27 mayat pasukan khusus Ukraina yang terdapat di Pantai Pulau Zmeiny. Selain itu, pihaknya juga telah menembak jatuh 30 pesawat tanpa awak Ukraina, termasuk 9 Bayraktar-TB2 buatan Turki.

Secara total, dalam upaya untuk merebut pulau itu, yang tidak berarti dari sudut pandang militer, rezim Kiev kehilangan 3 pembom Su-24 dan 1 pesawat tempur Su-27 di daerah Zmeiny dan 10 helikopter Angkatan Udara Ukraina hancur. 

Dari jumlah tersebut, lanjut Igor, helikopter Mi-8 dengan pasukan pendarat di dalamnya beserta satu helikopter pendukung Mi-24 ditembak jatuh di udara. 

"Enam helikopter Mi-8 dan Mi-24 lainnya yang terlibat dalam operasi itu dihancurkan di dekat pemukiman Artsyz, wilayah Odessa," imbuhnya.

"Juga, tiga kapal serbu lapis baja Ukraina "Centaur" dengan serangan amfibi di dalamnya dihancurkan di laut."

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top