Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buka Rakernas APPSI 2022, Wapres Pesankan Lima Hal Ini

Wapres menyampaikan lima pesan kepada para kepala daerah saat membuka Rakernas APPSI Tahun 2022 di Bali, diantaranya percepatan penyerapan APBD hingga pemberdayaan UMKM
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  21:02 WIB
Wapres Ma'ruf Amin berpidato sebelum membuka Rakernas APPSI Tahun 2022 di Bali, Senin (9/5/2022)  -  Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin berpidato sebelum membuka Rakernas APPSI Tahun 2022 di Bali, Senin (9/5/2022) - Setwapres

Bisnis.com, BALI - Wakil Presiden RI (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan beberapa hal saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2022. 

"Saudara-saudara sekalian, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan beberapa hal sebagai pedoman pemerintahan dan pembangunan daerah," katanya di Kabupaten Badung, Bali, Senin (9/5/2022).

Pertama, kata Wapres, saat ini Indonesia masih berjuang untuk mengatasi wabah pandemi Covid-19 sehingga program-program lebih banyak difokuskan kepada penguatan daya beli dan pengentasan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi.

"Terkait hal ini Saya minta penyerapan APBD dilaksanakan tepat waktu tidak berjalan lambat apalagi mengendap di bank-bank daerah," katanya.

Kedua, Wapres meminta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di setiap daerah didorong melalui penciptaan ekosistem yang mendukung pencapaian optimal SDM melalui institusi ekonomi yang mampu memfasilitasi kemampuan dan bakat masyarakat terutama generasi muda.

Ketiga, Wakil Kepala Negara meminta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia disukseskan. Menurutnya, dengan produk dalam negeri akan memperkuat ketahanan ekonomi nasional, utamanya dalam mengahadapi tantangan ekonomi global saat ini.

Wapres meminta aparat pemda untuk memberikan contoh dalam penggunaan produk dalam negeri sehingga produk buatan indonesia menjadi raja di rumah sendiri.

"Kalau bukan kita siapa lagi. Jika tidak sekarang kapan lagi," katanya.

Keempat, Wapres meminta kepala daerah untuk menunjukkan komitmen keberpihakan terhadap UMKM dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, seperti pemberian subsidi bunga pinjaman, restrukturisasi kredit, pemberian modal kerja, insentif perpajakan, dan penguatan teknologi digital bagi UMKM.

"Kelima, mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,'" ujarnya.

Oleh karenanya, Wapres meminta seluruh gubernur konsisten melanjutkan reformasi birokrasi dan pembenahan manajemen aparatur sipil negara (ASN). Pasalnya, sekitar 77 persen ASN berada di instansi daerah. 

Wapres berharap, seluruh daerah di Indonesia terus menerapkan meritokrasi yang mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme serta diskriminasi dalam tata kelola pemerintahan, termasuk praktik jual beli jabatan yang masih terjadi.

"Saya juga titip kepada gubernur untuk mendorong penyelenggaraan mal pelayanan publik di kabupaten dan kota di masing-masing provinsi sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 karena ini adalah langkah strategis dalam perbaikan sistem pelayanan publik di Indonesia," ungkapnya.

Adapun, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan membuka Rakernas APPSI Tahun 2022. Namun, pada saat yang sama Presiden harus bertolak ke Amerika Serikat untuk menghadiri undangan kenegaraan. Walhasil, Wapres menyediakan diri untuk hadir langsung dan membuka rakernas tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm apbd kepala daerah appsi wapres ma'ruf amin
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top