Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi akan Hadiri KTT Asean-AS, Ini Sederet Isu yang Bakal Dibahas

KTT Asean-AS di Washington DC yang akan dihadiri Presiden Jokowi akan menjadi pertemuan langsung perdana antara para pemimpin Asean dan Presiden AS sejak 2017.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 08 Mei 2022  |  15:30 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberi pandangannya terkait SDGs pada Forum Tingkat Tinggi Dewan Ekonomi Sosial PBB (ECOSOC) secara virtual pada Selasa, 13 Juli 2021. - Biro Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat memberi pandangannya terkait SDGs pada Forum Tingkat Tinggi Dewan Ekonomi Sosial PBB (ECOSOC) secara virtual pada Selasa, 13 Juli 2021. - Biro Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) khusus Asean-Amerika Serikat (AS) yang dilaksanakan di Washington D.C, Amerika Serikat pada 12—13 Mei 2022.

Heru mengatakan KTT khusus ini akan menjadi pertemuan langsung perdana antara para pemimpin Asean dan Presiden AS sejak 2017.

“Iya betul [Jokowi akan hadir di KTT Asean-AS],” kata Heru saat dikonfirmasi Bisnis, Minggu (8/5/2022).

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengatakan para pemimpin Asean dan Joe Biden akan membahas sejumlah isu dalam pertemuan tersebut.

Dia mengungkapkan sejumlah isu yang di bahas di antaranya adalah masalah penanganan pandemi Covid-19, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi dan berbagai tantangan geopolitik kawasan dan global.

“KTT Khusus ASEAN dan Amerika Serikat ini akan menjadi pertemuan fisik pertama antara pemimpin Asean dan Presiden AS sejak tahun 2017,” kata Faiz kepada Bisnis, Minggu (8/5/2022).

Dia melanjutkan, sebelumnya Biden hadir pada KTT Asean–AS ke-9 pada 26 Oktober 2021 secara virtual mengingat adanya lonjakan kasus Covid-19 yang masih terjadi di beberapa negara.

Faiz melanjutkan, KTT Khusus kali ini sekaligus menjadi perayaan 45 tahun kemitraan Asean–AS dam merupakan momentum untuk memperkuat kemitraan tersebut, sebab Amerika Serikat pun merupakan mitra strategis Asean.

Berdasarkan data Sekretariat Asean, Amerika Serikat merupakan mitra dagang kedua terbesar setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan sumber investasi utama ke Asean dengan nilai investasi US$35 miliar pada 2020.

“Indonesia saat ini menjadi koordinator hubungan Asean dan Amerika Serikat,” ungkapnya.

Sementara itu, kunjungan Jokowi ke Washington D.C juga disampaikan Kemlu melalui akun Twitter resmi @Kemlu_RI.

"Presiden RI akan hadir dalam ASEAN-US Special Summit di Washington DC, 12-13 Mei 2022," tulis Kemlu, Jumat (6/5/2022).

Dikutip dari situs resmi Asean dan Kemlu, para pemimpin Asean serta Presiden AS Joe Biden akan bertemu untuk membahas cara dan sarana untuk mengintensifkan kerja sama di berbagai bidang.

Kerja sama yang dimaksudkan termasuk Covid-19, keamanan kesehatan global, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, kerja sama maritim, pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, serta konektivitas dan keterlibatan ekonomi.

Tidak hanya itu, para pemimpin antarnegara tersebut juga akan saling bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi amerika serikat asean ktt asean
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top