Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Ketinggalan! Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia Hanya Sampai 30 Juni

Beasiswa Pendidikan Indonesia menyasar pelaku budaya, guru dan siswa.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  09:54 WIB
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022 - LPDP Kemenkeu RI
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022 - LPDP Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah masih menerima pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia hingga 30 Juni 2022. 

Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, Beasiswa Pendidikan Indonesia menyasar pelaku budaya, guru, dan siswa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Beasiswa ini melalui pemanfaatan Dana Abadi Pendidikan yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Abdul Kahar, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Kapuslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan beasiswa ini merupakan kali kedua digelar. Pada tahap pertama atau tahun lalu jumlah penerima beasiswa mencapai 22.180 orang. 

Dia mengungkapkan melalui skema ini, para guru dan pelaku budaya dapat meningkatkan kapasitas diri namun tidak berkompetisi dengan masyarakat umum namun dengan sesama guru, siswa dan pelaku budaya. 

“Sekarang, perluasan beasiswa ini memberi kesempatan yang lebih luas bagi para dosen, guru, pelaku budaya, dan adik-adik kita yang berprestasi khusus,” tuturnya dikutip dari laman Kemendikbud, Jumat (6/5/2022). 

Dalam acara yang digelar pada akhir April 2022 itu, Kahar mengatakan perluasan kerjasama antara Kemendikbudristek dengan LPDP dalam program BPI ini terdiri atas beasiswa gelar dan nongelar. Beasiswa gelar diberikan bagi jenjang sarjana, magister, hingga doktoral. 

“Untuk S-1, kita kelola khusus untuk pelaku budaya di dalam negeri, calon guru SMK di dalam negeri, dan siswa berprestasi baik di dalam dan luar negeri. Secara umum, untuk kebutuhan awardee Insyaallah terpenuhi dari beasiswa ini. Perbedaannya, mungkin hal-hal yang merupakan prasyarat. Contohnya, ke luar negeri butuh biaya visa, di dalam negeri tidak,” jelasnya.

Bagi para pemburu beasiswa, detail program ini dapat diakses melalui laman beasiswa.kemdikbud.go.id/. Meski demikian laman ini masih di non aktifkan dan baru akan kembali dibuka pada Senin (9/5/2022). 

"Sehubungan dengan cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Tahun 2022, kami akan menon-aktifkan layanan help desk dan chat Beasiswa Pendidikan Indonesia pada laman www.beasiswa.kemdikbud.go.id dari tanggal 29 April sampai dengan 8 Mei 2022. Kedua layanan tersebut akan aktif kembali pada tgl 9 Mei 2022," tulis Kemendikbud.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

beasiswa lpdp
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top