Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia Ukraina Hari ke-70: Rusia Gempur Pabrik Baja Azovstal, Sanksi Putin ke Barat

Simak rangkuman peristiwa terbaharu perang Rusia vs Ukrainahari ke-70 seperti yang dilansir dari The Guardian pada Rabu (4/5/2022).
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  12:54 WIB
Asap mengepul setelah serangan rudal Rusia di Ukraina berlanjut, di Lviv, Ukraina, Senin (18/4/2022). - Antara
Asap mengepul setelah serangan rudal Rusia di Ukraina berlanjut, di Lviv, Ukraina, Senin (18/4/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Waktu semakin cepat berlalu hingga perang Rusia vs Ukraina telah memasuki hari ke-70. Pasukan Rusia terus menggempur pabrik baja di Azovstal saat 200 warga sipil masih terjebak di dalamnya. 

Selain itu, Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan sanksi kepada negara-negara Barat sebagai balasan atas apa yang dilakukan mereka kepada Rusia. 

Simak rangkuman peristiwa terbaharu perang Rusia vs Ukrainahari ke-70 seperti yang dilansir dari The Guardian pada Rabu (4/5/2022).

Update Perang Rusia Ukraina Hari ke-70

156 warga sipil berhasil mengungsi ke Zaporizhzhia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengonfirmasi 156 orang yang berhasil dievakuasi dari pabrik baja Azovstal di Mariupol telah tiba di Zaporizhzhia pada Selasa (3/5/2022).

“Hari ini 156 orang tiba di Zaporizhzhia. Wanita dan anak-anak. Mereka telah berada di penampungan selama lebih dari dua bulan,” kata Presiden Zelensky.

200 warga sipil lainnya masih terperangkap di bawah kompleks dan 100.000 di antaranya masih berada di kota. Hal ini dinyatakan oleh Wali Kota Mariupol, Vadym Boichenko.

Menurut Presiden Zelensky, Pasukan Rusia terus menembak dan berusaha menyerbu pabrik baja Azovstal yang melanggar perjanjian gencatan senjata.

Donetsk mencatat korban tewas harian tertinggi

Serangan Rusia di wilayah Donetsk timur Ukraina menewaskan 21 warga sipil dan melukai 27 lainnya pada Selasa (3/5/2022). Hal ini disampaikan oleh gubernur regional. Dalam sebuah posting Telegram, Pavlo Kyrylenko mengatakan itu adalah korban tewas harian tertinggi di wilayah Donetsk sejak serangan terhadap stasiun kereta api di kota Kramatorsk, yang menewaskan 50 orang bulan lalu.

Serangan Rusia mengenai gardu listrik di Lviv

Disampaikan oleh Wali Kota Lviv, Andriy Sadovyi, gardu listrik di Lviv terkena rudal Rusia pada Selasa malam (4/5/2022). “Serangan itu dilaporkan melukai satu orang,” kata Andriy Sadovyi.

Sanksi dari UE untuk Rusia akan dibahas di Belgia hari ini

Sanksi Uni Eropa (UE) yang ditujukan untuk menghancurkan “mesin perang Rusia” sekarang sudah dekat berdasarkan pernyataan presiden Dewan Eropa. Proposal untuk secara bertahap melarang impor minyak Rusia akan dibahas oleh duta besar negara anggota di Brussels, Belgia pada Rabu (4/5/2022), dengan yang paling tergantung, seperti Slovakia dan Hongaria, mencari pengecualian.

Pejabat UE menyerahkan rancangan sanksi kepada negara-negara anggota pada Selasa malam (3/5/2022), tetapi perpecahan dalam negosiasi yang penuh hukum dan diplomatik terus berlanjut karena beberapa negara anggota mencari pilihan keluar dari sanksi.

Inggris yakin Ukraina akan menang dan bebas dari Rusia

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengatakan “Ukraina akan menang” melawan Rusia dan “akan bebas” dalam pidato di parlemen Ukraina pada hari Selasa (3/5/2022). Johnson adalah pemimpin dunia pertama yang berbicara di Verkhovna Rada sejak konflik dimulai.

Verkhovna Rada mengesahkan UU yang melarang pihak-pihak membenarkan tindakan agresi bersenjata terhadap Ukraina
Parlemen Ukraina, Verkhovna Rada, telah mengesahkan undang-undang (UU) yang melarang partai politik untuk membenarkan, mengakui, atau menyangkal agresi bersenjata Rusia terhadap Ukraina. UU tersebut juga akan melarang pihak-pihak yang mengagungkan atau membenarkan tindakan mereka yang melakukan agresi bersenjata terhadap Ukraina.

Rusia berbincang dengan Prancis mengenai upaya genjatan senjata

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron bahwa negara-negara barat dapat membantu menghentikan kejahatan militer Ukraina. Presiden Putin juga dilaporkan telah memberi tahu Presiden Macron tentang pendekatan Rusia dalam negosiasi dengan Kyiv.

Rusia keluarkan sanksi pembalasan terhadap Barat

Presiden Putin menandatangani dekrit tentang sanksi ekonomi pembalasan terhadap barat.

“Sanksi itu dibuat sebagai tanggapan atas tindakan tidak bersahabat dari negara asing dan organisasi internasional tertentu,” kata Kremlin pada Selasa (3/5/2022). Nama-nama individu atau entitas yang terkena dampak tindakan tidak termasuk dalam dokumen.

Pemimpin oposisi Jerman akan bertemu pejabat Ukraina

Pemimpin oposisi Jerman melakukan perjalanan ke Kyiv untuk bertemu dengan pejabat Ukraina, setelah kanselir negara itu, Olaf Scholz, menjelaskan bahwa dia tidak akan mengunjungi Ukraina dalam waktu dekat.

Rusia curiga Israel dukung rezim neo-Nazi di Ukraina

Moskow menduga Israel mendukung “rezim neo-Nazi di Kyiv.” Pernyataan itu adalah yang terbaru dalam pertikaian diplomatik Rusia dengan Israel, setelah Menteri Luar Negeri Kremlin, Sergei Lavrov, mengatakan pada Senin (2/5/2022) bahwa Adolf Hitler “berdarah Yahudi.”

Presiden Biden kunjungi pabrik pemasok senjata ke Ukraina

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunjungi sebuah pabrik di Troy, Alabama, tempat produsen senjata Lockheed Martin membuat rudal anti-tank Javelin. Dia memuji “kecepatan” peralatan militer dan bantuan dari AS ke Ukraina dalam dua bulan sejak Rusia memulai perang.

Kerusakan infrastruktur di Ukraina mencapai Rp650 triliun dalam seminggu

Invasi Rusia ke Ukraina menimbulkan kerusakan pada infrastruktur negara dengan biaya US$4,5 miliar atau Rp650 triliun (dengan kurs Rp14.464) seminggu. Menurut perkiraan yang dikumpulkan oleh Sekolah Ekonomi Kyiv (KSE), kerusakan telah mencapai $92 miliar atau Rp1.3 kuadriliun sejak invasi dimulai pada Februari.

Temuan terbaru dari penyelidikan kasus kekerasan seksual oleh pasukan Rusia

Laki-laki dewasa dan anak-anak termasuk yang diduga menjadi korban pemerkosaan oleh tentara Rusia di Ukraina. Ini diketahui saat puluhan kasus kekerasan seksual oleh pasukan Rusia sedang diselidiki. Hal ini disampaikan oleh pejabat PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) dan Ukraina pada Selasa (3/5/2022).

Jaksa Agung Ukraina, Iryna Venediktova, menuduh Rusia menggunakan pemerkosaan sebagai taktik perang, dan menggambarkan Presiden Putin sebagai “penjahat perang utama abad ke-21.”

Paus Fransiskus ingin bertemu Presiden Putin

Paus Fransiskus mengatakan dia meminta pertemuan dengan Presiden Putin mengenai Ukraina dan membandingkan skala pertumpahan darah dengan genosida Rwanda. Mempertanyakan penyebab konflik, paus berbicara tentang “kemarahan” di Kremlin yang bisa saja “difasilitasi” oleh “gonggongan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) di pintu Rusia.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vladimir putin Perang Rusia Ukraina
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top