Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kronologi Temuan Hepatitis Misterius di Indonesia, 3 Anak Meninggal

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan kasus hepatitis misterius pada anak sudah ditemukan di Indonesia dan hingga kini belum diketahui penyebabnya.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  15:13 WIB
Kronologi Temuan Hepatitis Misterius di Indonesia, 3 Anak Meninggal
Tenaga kesehatan mendorong brankar dari ruangan bekas isolasi pasien - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengimbau masyarakat lebih waspada terkait dengan temuan kasus hepatitis misterius di Indonesia dan sejumlah negara lainnya.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan kasus hepatitis misterius pada anak sudah ditemukan di Indonesia dan hingga kini belum diketahui penyebabnya.

Nadia menjelaskan temuan kasus hepatitis misterius bermula saat adanya tiga pasien anak rujukan Jakarta Timur dan Jakarta Barat yang meninggal dunia setelah dirawat di RS Dr Ciptomangunkusumo.

Ketiga pasien tersebut diduga menderita hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya hingga meninggal dunia. Ketiga pasien meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Adapun gejala yang ditemui pada kasus hepatitis misterius meliputi sakit perut, muntah, diare mendadak hingga buang air kecil berwarna tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, bahkan penurunan kesadaran.

"Jika mengeluhkan gejala tersebut, agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat," kata Nadia kepada wartawan, Selasa (3/5/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan meskipun belum ada kepastian awal mula anak bisa terkena hepatitis akut misterius, tetapi terdapat sejumlah tahap yang wajib dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan.

“Pertama memastikan makanan dalam keadaaan matang dan bersih, kedua tidak memakai alat makan bersamaan, kemudian rajin mencuci tangan, dan menghindari kontak dengan orang sakit, tuturnya.

Dia pun memastikan, kini pemerintah tengah melakukan investigasi lebih lanjut terkait tiga laporan kasus anak hepatitis misterius meninggal dunia. Sejauh ini, usia yang terpapar berada di rentang satu hingga enam bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes hepatitis Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top