Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Rektor ITK Budi Santosa Purwokartiko yang Sebut Mahasiswi Berjilbab 'Manusia Gurun'

Berikut profil singkat Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Profesor Budi Santosa Purwokartiko yang menyebut mahasiswi berjilbab sebagai 'manusia gurun'.
Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Profesor Budi Santosa Purwokartiko/Istimewa
Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Profesor Budi Santosa Purwokartiko/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Profesor Budi Santosa Purwokartiko sedang ramai menjadi sorotan warganet setelah menyebut mahasiswi berjilbab dengan istilah 'manusia gurun'.

Tidak hanya warganet biasa, hal itu juga mencuri perhatian Menkopolhukam Mahfud MD yang menilai tuduhan Budi bahwa mahasiswi berjilbab sebagai 'manusia gurun' tidak bijaksana dan salah besar.

Siapa sebenarnya Profesor Budi Santosa Purwokartiko?

Mengutip situs resmi Institut Teknologi Kalimantan (ITK), itk.ac.id, Minggu (1/5/2022), Profesor Budi Santosa Purwokartiko lahir di Klaten pada 12 Mei 1969.

Dia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1992, dan kemudian meraih gelar master serta doktor di University of Oklahoma, Amerika Serikat.

Dia juga merupakan Guru Besar Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan bidang keahlian Data Mining, Optimasi dan Metaheuristik, Operations Research, dan Manajemen Proyek.

Selain itu, dia pernah bagian dari Tim Studi Kelayakan Pendirian ITK, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Kemenristekdikti.

Budi bukan orang baru di ITK. Dia kerap menjadi dosen tamu, narasumber di Program Mobilisasi Dosen Kemenristekdikti, serta penasehat pengurusan akreditasi prodi-prodi dan akreditasi institusi (AIPT) ITK sejak 2015.

Sejak 2013, dia pernah menjadi  interviewer Beasiswa LPDP Departemen Keuangan dan Anggota Tim Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Dirjen Kelembagaan Dikti sejak 2015.

Penelitiannya yang berjudul Novel Smart Engineering System Design meraih predikat Best Paper Award dari International Conference on Artificial Neural Networks in Engineering di Missouri, Amerika Serikat.

Pada 2014 Budi dinobatkan sebagai Ketua Jurusan Berprestasi ITS ketika menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Industri ITS periode 2011-2015.

Periode 2015-2020, dia menjabat sebagai Ketua Komisi Kelembagaan Senat Akademik ITS 2015-2020, dan Kepala Laboratorium Komputasi dan Optimasi Industri Teknik Industri ITS yang kemudian dilepas setelah bergabung ke ITK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper