Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-64: Pasukan Rusia Rebut Zarichne, Ukraina Kian Terdesak

Pasukan Rusia telah merebut daerah Zarichne, Zavody dan maju menuju Yampil. Situasi di Ukraina selatan tetap tidak berubah.
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022)./Bloomberg-Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022)./Bloomberg-Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia ke Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-64. Pada hari ini, tentara Rusia perlahan-lahan maju di daerah operasi Siverskyi Donets. 

Dalam laporan lain, pasukan Rusia telah berhasil merebut daerah Zarichne, Zavody dan maju menuju Yampil. Situasi di Ukraina selatan tetap tidak berubah.

Di sisi lain perang kedua negara, pejabat daerah Transnistria menyatakan bahwa terdapat tembakan  yang dilepaskan dari Ukraina ke arah Kolbasna pada pagi hari, namun tidak ada korban yang dilaporkan.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Kamis (28/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Sloboda

  • Daerah Kharkiv

Di Kharkiv, tidak ada perubahan, situasi masih sama seperti hari kemarin.

Donet Siverskyi

Pasukan Rusia telah maju ke barat Izium, merebut Zavody dan memasuki pinggiran Velyka Komyshuvakha. Rusia juga berusaha menangkap Nova Dmytrivka, tetapi gagal.

Dalam laporan lainnya, di sekitar daerah Lyman, Rusia telah berhasil merebut Zarichne dan mendorong Ukraina ke selatan menuju Yampil, serta pertempuran sengit di Rubyzhne berlanjut.

Di sisi lain, pembela Ukraina berhasil menangkis serangan Rusia di Nyzhnie dan Orikhove. Kota Popasna tetap diperebutkan, tetapi pasukan Rusia perlahan-lahan maju menuju pusat kota.

Daerah yang masih terjadi baku tembak: Velyka Komyshuvakha, Dibrone, Nova Dmytrivka, Korulka, Lyman, Yampil, Rubizhne, Nyzhnie, Orikhove dan  Popasna.

Garis Depan Pryazovia

  • Daerah Donetsk

Di Donetsk, pasukan Rusia mulai menyerang posisi Ukraina di Vuhledar, Novomykhalivka dan Avdiivka. Akan tetapi, serangan yang dilakukan Rusia tidak berbuah hasil karena tentara Ukraina berhasil menangkis semua serangan tersebut.

  • Daerah Zaporizhzhia

Di Zaporizhzhia, tidak ada perubahan, situasi masih sama seperti hari kemarin.

Garis Depan Selatan

  • Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

  • Daerah Kherson

Di Kherson, pejabat Ukraina melaporkan kehadiran pasukan Rusia di Kyselivka. Selain itu, ledakan dilaporkan terjadi Kherson pada sore hari (tidak ditandai di peta). Sebuah rudal dilaporkan menghantam menara radio di kota itu.

  • Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, situasi tetap sama Rusia masih menyerang Azovstal. Akan tetapi, pasukan Rusia tidak dapat menembus posisi pertahanan Ukraina di kompleks utama Azovstal dan pasukan Ukraina masih tertahan di pabrik tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper