Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Terakhir Penukaran Uang, Masyarakat Padati Kas Keliling Pasar Pramuka

Penukaran uang yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) akan berakhir pada hari ini, Kamis (28/4/2022).
Masyarakat menunggu giliran untuk menukar uang baru di kas keliling Bank Indonesia di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (28/4/2022). JIBI/Bisnis-Ni Luh Anggela
Masyarakat menunggu giliran untuk menukar uang baru di kas keliling Bank Indonesia di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (28/4/2022). JIBI/Bisnis-Ni Luh Anggela

Bisnis.com, JAKARTA - Penukaran uang yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) akan berakhir pada hari ini, Kamis (28/4/2022).

Sebagaimana diketahui, menjelang Hari Raya Idulfitri, tingkat penukaran uang ke pecahan-pecahan kecil meningkat. Uang yang telah ditukar nantinya akan dibagi-bagikan kepada sanak saudara saat Hari Raya tiba.

Penukaran uang yang digelar oleh BI sudah diadakan sejak 4 April 2022, baik melalui bank maupun kas keliling.

Kas keliling tersebar di 47 lokasi Jabodebek. Untuk di wilayah Jakarta, kas keliling tersebar di pasar Koja, Kopro, Rawa Bening, Pramuka, Minggu dan Bendungan Hilir.

Untuk stasiun, tersebar di stasiun Senen dan Gambir, sementara untuk terminal tersebar di terminal Pulo Gebang, Kali Deres, dan Kampung Rambutan.

Berdasarkan pantauan Bisnis di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, kas keliling ramai dikunjungi masyarakat yang ingin menukarkan uangnya.

Hingga siang tadi, sebanyak 123 warga telah menukarkan uangnya di Pasar Pramuka. Dari 123 warga tersebut, 72 diantaranya melakukan pendaftaran via pintar.bi.go.id sementara 51 lainnya mendaftar langsung di lokasi.

Hermina Sianturi, 52 tahun, yang tinggal di Sunter, Jakarta Utara, adalah salah satu masyarakat yang rela mengantri di Pasar Pramuka untuk menukarkan uangnya.

"Saya sudah ngantri dari jam 09.00 WIB pagi. Nggak tau ada info bisa daftar via online. Tau ada penukaran di sini [Pasar Pramuka] dari tetangga," kata dia saat ditemui Bisnis, Kamis (28/4/2022).

Hermina mengatakan, dirinya akan menukarkan uang Rp3,8 juta ke pecahan 20.000, 10.000, 2.000 dan 1.000.

Lain halnya dengan Siti Rohana, 55 tahun, warga Cakung, Jakarta Timur awalnya datang ke Pasar Pramuka untuk membeli tongkat untuk suaminya. Namun, melihat ada kas keliling, dia bersama sang anak ikut mengantre di kas keliling.

Sebelumnya, Siti sudah pernah melakukan penukaran di Bank BRI namun sayangnya, dirinya tidak kebagian.

"Kecewa saya karena nggak bisa dapat tukeran. Aku kan nasabahnya dia, biasanya dapat. Sekarang ini dapat [di kas keliling]," ungkap dia saat ditemui Bisnis, Kamis (28/8/2022).

Rencananya, Siti akan menukar uang sebesar Rp1 juta dengan pecahan 2.000 dan 20.000.

"Uangnya mau dibagi ke ponakan, dan Rp2.000 itu buat tukeran jualan bakso," imbuhnya.

Masyarakat yang berminat untuk melakukan penukaran uang, dapat melakukan pendaftaran via pintar.bi.go.id. Nantinya, masyarakat dapat memilih sendiri lokasi penukaran yang tersedia pada website Pintar.

Keuntungan lainnya jika mendaftar melalui Pintar adalah masyarakat tak perlu mengantre untuk menukarkan uangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper