Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IDI Vs PDSI, DPR: Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia Sempurnakan Layanan Kedokteran

Pendirian organisasi profesi dokter di luar IDI, yakni PDSI diharapkan meningkatkan layanan profesi dokter sekaligus mengoreksi sejumlah kelemahan selama ini.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 28 April 2022  |  13:16 WIB
Deklarasi Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) di Jakarta, Rabu (27/4/2022). - Istimewa
Deklarasi Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) di Jakarta, Rabu (27/4/2022). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pendirian organisasi profesi dokter di luar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), yakni Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI)  diharapkan meningkatkan layanan profesi dokter sekaligus mengoreksi sejumlah kelemahan selama ini termasuk penyebaran dokter spesialis yang tidak merata di seluruh wilayah Indonesia.

Demikian dikemukakan Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP)  ketika dihubungi lewat telepon selularnya, Kamis (28/4/2022).

Pernyataan itu disampaikannya terkait deklarasi PDSI kemarin, sebagai organisasi profesi kedokteran di luar IDI.

“Pendirian PDSI ini kita jadikan momentum untuk instrospeksi terkait layanan kedokteran,” ujarnya.

Dia menilai, selama ini selain terjadi ketidakmerataan penyebaran dokter spesialis di seluruh Indonesia, sebagian kalangan juga megeluhkan sulitnya bagi dokter untuk mendapatkan izin praktik (SIP), karena dinilai gagal menjalani uji kompetensi. Padahal, kebutuhan dokter terus meningkat setiap tahun.

Selain itu, Handoyo menilai sejauh ini undang-undang melindungi kemerdekaan untuk berkumpul dan berserikat, sehingga tidak ada yang salah dengan kehadiran PDSI.

Dia mengatakan kehadiran PDSI tidak perlu diperdebatkan karena prinsipnya adalah berlomba-lomba untuk kebaikan demi perbaikan layanan profesi kedokteran untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Hal terpenting adalah jangan pernah ada gonjang ganjing untuk melemahkan IDI, tapi PDSI justru harusnya menyempurnakan organisasi yang ada selama ini.

Revisi UU Praktik Kedokteran

Karena itu, Handoyo juga mendukung revisi atas Undang-undang Praktik Kedokteran yang telah diwacanakan oleh PDSI dengan tujuan untuk menyempurnakan peran dokter di Indonesia.

Dia mengatakan penyempurnaan itu tidak hanya diperankan oleh PDSI dan IDI, namun juga oleh para pemangku kepentingan lainnya termasuk sejumlah institusi dan lembaga pemerintah.

Sebelum pendeklarasian, PDSI telah mendapat Surat Keputusan (SK) dari Kemenkumham Republik Indonesia No. AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

Dalam deklarasi itu, Brigjen TNI (Purn) dr.Jajang Edi Priyatno, Sp.B, MARS, menjabat sebagai Ketua Umum PDSI dan Wakilnya Prof.dr.Deby Susanti Pada Vinski, Msc, Phd. 

PDSI memiliki visi menjadi pelopor reformasi kedokteran Indonesia yang menjunjung tinggi  kesejawatan, serta berwawasan Indonesia untuk dunia demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr ikatan dokter indonesia PDSI (Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia)
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top