Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-63: Pasukan Rusia Terus Serang Ukraina, dan Menyerang Dari Transnistria

Pasukan Rusia terus menyerang Ukraina dari utara untuk merebut bagian utara Azovstal dan gudang tambahan di dekatnya.
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA – Serangan perang Rusia vs Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-63. Pada hari ini, pasukan Rusia maju ke utara kota Zaporizhzhia dan merebut pemukiman kecil. Di tempat lain, ledakan mengguncang desa Mayak dan akibatnya dua antena radio hancur. 

Moldova telah meningkatkan tingkat kesiapan tempur, wilayah Transnistria yang tidak dikenal telah mulai membangun pos pemeriksaan dan barikade di jalan dan kota penting. Tentara Rusia yang ditempatkan di Transnistria dilaporkan telah siaga penuh.

Selain itu, sebuah rudal jelajah Rusia menghantam sebuah jembatan di Zatoka. Ini adalah satu-satunya jembatan Ukraina yang menghubungkan Budjak dengan seluruh Ukraina. Menurut informasi yang tersedia, jembatan mengalami kerusakan ringan dan masih dapat berfungsi.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Rabu (28/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Sloboda

  • Daerah Kharkiv

Di Kharkiv, tidak ada perubahan, situasi masih sama seperti hari kemarin.

Donet Siverskyi

Pasukan Rusia menyerang posisi Ukraina di Zavody, namun serangan itu berhasil dihentikan oleh Ukraina. Di sisi lain, pasukan Rusia menyergap pasukan Ukraina di dekat Lyman, membunuh dan menangkap setidaknya selusin tentara Ukraina. Zarichne, Rubizhne dan Popasna tetap diperebutkan. 

Daerah yang masih terjadi baku tembak: Zavody, Nova Dmytrivka, Korulka, Dibrovne Rubizhne, Popasna

Garis Depan Pryazovia

  • Daerah Donetsk

Di Donetsk, pasukan Rusia mencoba menerobos jalur Ukraina di selatan Marinka, namun kemajuan Rusia dapat dihentikan saat di daerah Novomykhailivka. Di sisi lain, pasukan Rusia juga berusaha menerobos Avdiivka dan Marinka, tetapi tidak berhasil.

  • Daerah Zaporizhzhia

Di Zaporizhzhia, pasukan Rusia merebut daerah Novosilka di dekat Zelene Pole, dan perlahan-lahan menguasai wilayah Velyka Novosilka.

Garis Depan Selatan

  • Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

  • Daerah Kherson

Di Kherson, Pasukan Ukraina dilaporkan berhasil membebaskan daerah  Pravdyne, Klapia, Zelenyi Hai dan Barvinok di sebelah barat ibukota regional dari tangan Rusia.

  • Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, penembakan di daerah Azovstal masih berlanjut. Pasukan Rusia terus mendorong dari utara untuk merebut bagian utara Azovstal dan gudang tambahan di dekatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper