Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Ingin Vaskin HPV Segera Diluncurkan Secara Nasional, Ini Alasannya

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap vaksinasi HPV untuk kanker serviks dapat secepatnya diberikan secara menyuluruh bagi perempuan Indonesia,
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 22 April 2022  |  17:45 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap vaksinasi HPV untuk kanker serviks dapat secepatnya diberikan secara menyuluruh bagi perempuan Indonesia, guna menurunkan angka kematian akibat penyakit tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Menkes Budi pada kegiatan Konferensi Pers: Puncak Peringatan Pekan Imunisasi Dunia 2022, Jumat (22/4).

“Kematian Ibu di Indonesia akibat kanker itu tinggi dan kanker yang paling tinggi adalah breast dan serviks. Namun untuk breast cancer memang belum ada, tapi kalau yang serviks cancer sudah ada yaitu HPV,” kata Menkes, Jumat (22/4/22).

Berdasarkan data yang dikeluarkan Global Cancer Observatory (Globocan) tahun 2020, jumlah kasus serviks (leher rahim) menempati urutan kedua jumlah kasus baru tertinggi di Indonesia, dengan total 36.633 kasus atau 9,2 persen dari total kasus kanker.

Sekedar informasi, pemberian vaksin HPV sendiri sudah dilakukan sejak 2016. Budi juga menyampaikan bahwa selama 6 tahun ke belakang, hasil yang diperoleh dari program vaksinasi itu terbilang cukup baik.

“Kita ingin agar vaksin ini bisa dengan secepatnya diluncurkan secara nasional, untuk bisa menurunkan kematian Ibu yang disebabkan oleh serviks cancer,” ujarnya.

Pada tahun 2022, pemberian vaksin HPV akan diperluas ke 8 provinsi, meliputi 4 provinsi di Jawa dan Bali serta 3 provinsi di Sulawesi.

Budi juga menambahkan target awal dari wilayah penyebaran vaksin HPV, ialah wilayah yang memiliki prevalensi kanker terbanyak di 8 provinsi tersebut. Dia juga berharap agar pemberian vaksin HPV dapat dilakukan secara merata di seluruh Indonesia pada 2023.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkes Vaksin kanker serviks HPV (human papillomavirus)
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top