Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-49: Rusia Dituduh Lakukan Genosida, Tangan Kanan Putin Ditangkap

Berikut rangkuman perang Rusia vs Ukraina hari ke-49. Presiden AS Joe Biden Tuduh Rusia lakukan genosida di Ukraina.
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina akan memasuki pekan kelima atau hari ke-49. Presiden AS Joe Biden menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin sudah melakukan genosida dalam invasinya ke Ukraina.

Biden mengatakan bahwa Putin berusaha menghapus gagasan untuk bisa menjadi orang Ukraina. Dia menyerahkan sepenuhnya terhadap pengacara untuk memutuskan secara internasional bahwa pernyataannya tersebut memenuhi syarat genosida atau tidak.

Sementara itu di Ukraina, Volodomyr Zelenskiy telah mengumumkan bahwa orang terdekat Putin di Ukraina yaitu Medyedchuk telah ditangkap.

Medvedchuk adalah pemimpin Platform Oposisi untuk Kehidupan, partai oposisi terbesar di Ukraina. Dengan penangkapannya itu Zelenskiy memperingatkan kepada sekutu Putin lainnya akan ditangkap juga.

Selain hal itu, berikut rangkuman konflik Rusia vs Ukraina hari ke-49 yang dirangkum The Guardian pada Rabu (13/4/2022) sebagai berikut.

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-49

Rusia Dituduh Pakai Senjata Kimia

Zelensky mengatakan belum mungkin untuk menarik kesimpulan 100 persen tentang jenis zat apa yang digunakan oleh militer di Mariupol. Sebelumnya, dia menyuarakan keprihatinan bahwa pasukan Rusia sedang mempersiapkan babak terbaru dalam teror yang dapat melibatkan penggunaan senjata kimia di Ukraina.

Namun, beberapa pengamat menyatakan skeptis bahwa bukti yang ada mengarah pada serangan senjata kimia. Menurut mereka terlalu dini untuk mengatakan secara pasti apa yang terjadi. Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan AS tidak dapat mengkonfirmasi laporan penggunaan senjata kimia di Mariupol.

Gubernur Luhansk Perintahkan Warga Mengungsi

Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mendesak warga untuk mengungsi sesegera mungkin menggunakan koridor kemanusiaan yang disepakati. Hal ini didasari karena pasukan Ukraina sedang mempersiapkan serangan Rusia baru di Ukraina Timur.

22.000 Orang Meninggal Dunia di Mariupol

Walikota Mariupol Vadym Boichenko mengatakan perkiraan terbaru adalah bahwa lebih dari 20.000 warga sipil telah tewas di kota pelabuhan Ukraina sejak dimulainya invasi Rusia.

"Jumlah kematian di Mariupol bisa mencapai 22.000, kata Pavlo Kyrylenko, kepala administrasi militer regional Donetsk.

Penemuan 403 Mayat di Bucha

Wali Kota Bucha Anatoliy Fedoruk mengatakan sejauh ini pihak berwenang telah menemukan 403 mayat orang yang mereka yakini dibunuh oleh pasukan Rusia selama pendudukan mereka di daerah itu. Jumlah itu kemungkinan masih bertambah dan menghimbau bahwa masih terlalu dini bagi penduduk untuk kembali ke kota.

Putin Tuduh Ukraina Menyimpang

Vladimir Putin mengatakan Ukraina telah menyimpang dari kesepakatan yang dibuat pada konferensi perdamaian di Istanbul dan saat ini pembicaraan berada dalam “jalan buntu”.

Seperti kata delegasi Ukraina, Mykhailo Podolyak, mengatakan bahwa negosiasi dengan Rusia sangat sulit tetapi terus berlanjut.

Putin juga mengklaim operasi militer Rusia berjalan sesuai rencana, dan tujuan Rusia di Ukraina adalah untuk memenuhi semua tujuannya dan meminimalkan kerugian. Hal itu diucapkan putin kepada para pekerja di kosmodrom Vostochny di timur jauh Rusia.

"Kami akan mencapai tujuan kami, tidak ada keraguan," kata Putin

Saat kampanye militer Rusia, dia mengatakan Rusia tidak punya pilihan lain selain meluncurkan apa yang dia sebut “operasi militer khusus”, dan bersumpah akan berlanjut sampai penyelesaian penuh dan pemenuhan tugas yang telah ditetapkan.

Bank Dunia Kucurkan Dana US$1,5 Miliar untuk Ukraina

Bank Dunia merencanakan dukungan keuangan ke Ukraina senilai US$1,5 miliar untuk membantu menjaga layanan penting tetap berjalan saat negara itu memerangi serangan baru oleh Rusia.

Pihak bank dunia mengatakan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk mendukung kelanjutan layanan utama pemerintah, termasuk upah pekerja rumah sakit, dana pensiun untuk orang tua dan program sosial untuk orang-orang yang rentan.

Warga Inggris Berperang untuk Ukraina

Seorang warga Inggris yang telah berperang dengan angkatan bersenjata Ukraina di kota Mariupol yang saat ini sedang terkepung dan dipaksa untuk menyerah bersama unitnya kepada Rusia karena mereka kehabisan makanan dan amunisi.
Dia adalah Aiden Aslin, dari Newark, bergabung dengan marinir Ukraina pada 2018.

Zelensky Tolak Bertemu Presiden Jerman di Kyiv

Volodymyr Zelensky menolak permintaan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier untuk mengunjungi Kyiv bersama dengan politisi Eropa lainnya pada hari Rabu.

Namun, penolakan itu karena hubungan dekat Sosial Demokrat Jerman sebelumnya dengan menteri luar negeri Rusia, Sergei Lavrov, dan sejarahnya sebagai pendukung hubungan ekonomi Rusia-Jerman yang dekat seperti laporan di surat kabar Jerman, Bild.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper