Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-41: Ukraina Kuasai Sumy dan Chernihiv 

Berikut rangkuman situasi militer perang Rusia Vs Ukraina hari Ke-41. Pasukan Ukraina klaim kuasai sebagian wilayah Sumy dan Chernihiv
Warga Ukraina terpaksa mengungsi dari rumahnya lantaran pasukan Rusia membombardir kota Mariupol, Ukraina/Aljazeera
Warga Ukraina terpaksa mengungsi dari rumahnya lantaran pasukan Rusia membombardir kota Mariupol, Ukraina/Aljazeera

Bisnis.com, JAKARTA – Militer Rusia sudah menyerang Ukraina selama satu bulan lebih atau sudah memasuki hari ke-41. Setelah kemarin pasukan Ukraina sudah berhasil mengamankan kota Kyiv dari para pasukan Rusia, hari ini pasukan Ukraina sudah mulai menguasai kembali kota Chernihiv dan sebagai dari kota Sumy.

Upaya yang saat ini dilakukan oleh Ukraina merupakan bagian dari persiapan mereke merebut kembalo kota Donbas yang masih menjadi sasaran utama dari pasukan Rusia di beberapa hari terakhir ini

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Selasa (05/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-41

Garis Depan Utara

• Daerah Chernihiv

Setelah pasukan Rusia sudah mulai meninggalkan Chernihiv sejak kemarin. Hari ini pasukan Ukraina telah mencapai perbatasan dengan Belarus dan Rusia dan mereka mengibarkan bendera Ukraina di perbatasan Dniprovske, Dobryanka dan Hremyach.

• Daerah Sumy

Tentara Ukraina dilaporkan telah mencapai perbatasan di daerah-daerah tertentu. Menurut dewan regional, masih ada kehadiran militer Rusia di wilayah Putyvl, Buryn dan utara Romny. Kota Bilopillia telah dibebaskan dari tentara Rusia dan jalur kereta api Bilopillia – Sumy – Troistanec beroperasi kembali.

Garis Depan Sloboda

• Daerah Kharkiv

Penyerangan pasukan Rusia telah mencapai kota Brazhkivka dan membentuk posisi bertahan di beberapa desa. Selain itu, Rusia juga memusatkan sejumlah besar kekuatan di daerah Izium, bersiap untuk mendorong ke arah kota Slovyansk.

• Daerah Luhansk

Di Luhansk, Tentara Rusia memfokuskan semua pasukannya di daerah itu untuk menangkap Rubizhne, Sievierodonetsk, Lysychansk dan Popasn.

Garis Depan Pryazovia

• Daerah Donetsk

Dilaporkan jika pasukan Ukraina berhasil menangkis serangan pasukan Rusia di dekat Marinka, Makiivka dan Svitlodarsk. Saat ini pasukan Rusia memasuki Novobakhmutivka dan menguasai setidaknya sebagian desa.

• Daerah Zaporizhzhia

Tidak ada perubahan signifikan di lapangan, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Selatan

• Daerah Mykolaiv

Hari ini, Tentara Rusia menargetkan Mykolaiv lagi, dan serangan yang dilakukan oleh pasukan Rusia menyebabkan kerusakan infrastruktur sipil di kota ini.

• Daerah Kherson

Setelah pada hari kemarin situasi aman terkendali di Kherson. Namun pada hari ini, pasukan Ukraina dilaporkan telah mendorong pasukan Rusia ke arah Kherson dari daerah Blaodatne dan Oleksandrivka

• Daerah Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, media Rusia mengklaim bahwa lebih dari 250 marinir Ukraina dari Batalyon Marinir 503 menyerah di Mariupol hari ini. Namun, keabsahan dari berita ini belum dapat dipastikan kebenarannya dan masih menunggu informasi terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper