Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Jadwal Imsakiyah Ramadan 2022 di Daerah Mana Saja di NU Online Super App

PBNU kembali meluncurkan fitur tambahan yaitu jadwal imsakiyah dalam menyambut bulan suci Ramadan dalam aplikasi NU Online Super App.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 02 April 2022  |  11:54 WIB
Cek Jadwal Imsakiyah Ramadan 2022 di Daerah Mana Saja di NU Online Super App
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali meluncurkan fitur tambahan yaitu jadwal imsakiyah dalam menyambut bulan suci Ramadan dalam aplikasi NU Online Super App. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali meluncurkan fitur tambahan yaitu jadwal imsakiyah dalam menyambut bulan suci Ramadan dalam aplikasi NU Online Super App.

Koordinator Program Pengembangan NU Online Super App Mahbib Khoiron mengatakan, jadwal imsakiyah selalu menjadi kebutuhan umat Islam di berbagai penjuru, apalagi saat memasuki bulan Ramadhan.

“Untuk memudahkan kaum muslimin di mana saja, NU Online Super App telah menyediakan keperluan ini. Di laman Jadwal Salat, pengguna bisa melihat dan membagikan jadwal harian waktu salat sesuai koordinat lokasinya. Bahkan, mereka juga bisa mengunduh jadwal imsakiyah satu bulan penuh dalam format PDF,” tuturnya, dikutip melalui laman resmi NU, Sabtu (2/3/2022).

Untuk diketahui, istilah jadwal imsakiyah umumnya mengacu bukan hanya informasi waktu imsak (10 menit sebelum Subuh), melainkan juga lima waktu salat secara keseluruhan.

Sementara itu, untuk fitur jadwal salat dihitung secara otomatis sesuai koordinat lokasi pengguna, berdasarkan penghitungan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (Subuh -20°, Isya -18°, ihtiyat +2 menit).

“Ini bisa menjadi panduan awal yang akurasinya dapat diselaraskan dan dikuatkan lagi dengan hasil penghitungan Lembaga Falakiyah NU di tingkat lokal masing-masing,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pengguna juga bisa memilih apakah mau mengunduh jadwal salat bulanan berdasar kalender Hijriah atau Masehi.

Adapun, platform digital yang mengangkat jargon Aplikasi Keislaman Terlengkap ini bisa diinstal di Play Store maupun App Store.

Sekadar informasi, aplikasi NU Online Super App ini diluncurkan secara resmi oleh PBNU pada 27 Februari 2021 harlah NU 16 Rajab 1442 H.

Saat ini, aplikasi tersebut, memiliki sedikitnya 16 fitur andalan, mulai dari Alquran, doa & wirid, maulid, kompas Kkiblat, kalender Hijriah, tutorial ibadah, hingga tasbih digital dan kalkulator zakat.

Tidak hanya itu, terdapat penambahan fitur baru lainnya aplikasi NU Online Super App yaitu untuk meningkatkan layanan keagamaan selama Ramadhan 1443 H dan Ziarah.

Khoiron menjelaskan, fitur Ramadan yang tahun kemarin menemani bulan puasa, juga bakal tampil lagi dengan isi dan tampilan yang lebih segar.

Menu-menu yang disajikan dalam fitur ini menyangkut rutinitas ibadah selama bulan suci, mulai dari niat puasa, doa berbuka, bacaan Lailatul Qadar, sampai tutorial shalat tarawih dan witir lengkap dengan doa dan wirid sesudahnya.

Fitur ini juga diperkaya dengan kumpulan khutbah Jumat bertema Ramadhan, panduan teknis pelaksanaan zakat fitrah, takbiran, shalat Id, serta kompilasi khutbah Idul Fitri dalam aneka judul.

Sementara itu, pada fitur Ziarah disuguhkan titik-titik lokasi makam dan tapak tilas ulama atau tokoh dari berbagai penjuru Indonesia. Selain Google Map, fitur ini juga dilengkapi kolom biografi singkat, tempat dan waktu kelahiran/kewafatan, serta artikel atau video terkait dengan itu.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pbnu Ramadan imsakiyah
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top