Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ganjar Hingga Anies Jadi Penceramah Ramadan di Masjid UGM

Kelompok akademisi, ustaz, hingga politisi diundang untuk hadir dan mengisi agenda Bulan Suci di Kampus Biru.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  18:05 WIB
Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mencoba KRL Jogja-Solo. - Istimewa
Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mencoba KRL Jogja-Solo. - Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG – Masjid Kampus (Maskam) Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meramaikan bulan Ramadan dengan menggelar rangkaian kegiatan ceramah.

Pada tahun ini, sejumlah tokoh politik bakal hadir dan mengisi kegiatan tersebut.

Dalam publikasi yang diterima Bisnis, tertulis bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal mengisi agenda ceramah tarawih pada 5 April 2022 nanti. Disusul oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada keesokan harinya.

Selain dua Gubernur tadi, nama besar lain seperti Nadiem Makarim, Sandiaga Uno, hingga Anies Baswedan juga diagendakan untuk mengisi ceramah di Maskam UGM.

Ketua Panitia Ramadan Di Kampus (RDK) UGM 2022, Indra Okta, mengonfirmasi kabar tersebut. “Iya, insyaallah hadir secara luring,” jelasnya saat dihubungi Bisnis pada Rabu (3/3/2022)

Indra menyampaikan bahwa RDK UGM tahun ini bakal mengangkat tema ‘Revitalisasi Nilai-Nilai Religiusitas Islam sebagai Upaya Penyempurnaan Hakikat Manusia di Era Disrupsi’.

Tema besar tersebut menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih penceramah yang bakal hadir nantinya.

Selain tema besar tadi, pemilihan nama penceramah juga mempertimbangkan sub tema kegiatan yang terdiri dari tema seputar Ramadan, tema populer, serta untuk mengakomodir sejumlah golongan.

“Dari subtema di atas, otomatis background dari pembicaranya bermacam-macam. Mulai dari akademisi, ustaz, hingga politisi,” jelas Indra secara tertulis.

Selain kajian sore, RDK UGM 2022 juga bakal menggelar sejumlah rangkaian kegiatan. Mulai dari pagelaran budaya, buka bersama, hingga sejumlah kajian yang bakal digelar selepas Ashar. “Sebagian besar acara di atas dilaksanakan secara hybrid,” jelas Indra.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan RDK UGM 2022 juga bakal menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Kami juga bekerja sama dengan Satgas COVID-19 UGM, PK4L, Takmir Masjid Kampus UGM dalam pelaksanaannya,” jelas Indra.

Hal serupa juga menjadi pertimbangan utama dalam penyelenggaraan ibadah tarawih ataupun ceramah subuh. “Kurang lebih sama dengan acara yang lain, tetap mengutamakan kesehatan jamaah,” jelas Indra.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ugm Anies Baswedan ganjar pranowo
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top