Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-31: Konflik Belum Mereda

Berikut update situasi militer perang Rusia vs Ukraina hari ke-31. Konflik belum mereda, pasukan Rusia mulai dekati perbatasan Ukraina.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 26 Maret 2022  |  17:21 WIB
Petugas darurat Ukraina bekerja di sisi rumah sakit bersalin yang rusak akibat penembakan di Mariupol, Ukraina, Rabu (9/3/2022). Serangan Rusia telah merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung. - Istimewa
Petugas darurat Ukraina bekerja di sisi rumah sakit bersalin yang rusak akibat penembakan di Mariupol, Ukraina, Rabu (9/3/2022). Serangan Rusia telah merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Serangan Rusia ke Ukraina telah berlangsung selama 31 hari dan masih terus terjadi hingga saat ini. Sejumlah wilayah di Ukraina mengalami kerusakan akibat serangan tersebut. Simak update situasi militer perang Rusia vs Ukraina

Pada Sabtu (26/3/2022) waktu Kyiv, invasi Rusia ke Ukraina tercatat telah mencapai hari ke-31. Serangan masih terjadi ke sejumlah wilayah dan belum terdapat tanda-tanda konflik mereda.

Dilansir dari situs Militaryland.net, perkembangan terbaru dari wilayah konflik itu di antaranya pasukan Ukraina berhasil membebaskan sejumlah desa di wilayah Kharkiv dan Kherson. Lalu, tentara Rusia tercatat menyeberangi sungai dekat Izium dan telah menembus perbatasan Ukraina.

UPDATE situasi militer perang Rusia ke Ukraina hari ke-31

1. Garis Depan Polandia 


Wilayah Oblast Kiev

Pemerintah setempat membantah informasi adanya serangan Ukraina dan pengepungan pasukan Rusia di Bucha dan Hostomel. Sementara itu, terjadi pertempuran hebat dilaporkan terjadi di dekat Makariv.

Artileri Rusia menyerang Ukraina di wilayah Nova Buda, Ozershchyna dan Nalyvaikiva. Namun, pasukan Rusia tidak berhasil mematahkan pertahanan Ukraina di sekitar Brovary.


Wilayah Oblast Zhytomyr

Tidak ada perubahan kondisi di Zhytomyr Oblast.

2. Garis Depan Utara 

Wilayah Oblast Chernihiv

Ibu kota wilayah Chernihiv secara de facto telah dikepung. Jalan bebas hambatan terakhir dari atau ke kota itu sekarang berada dalam jangkauan tembakan pasukan Rusia.

Situasi di Slavotych masih sulit. Terdapat sejumlah penembak jitu Rusia aktif di daerah itu sehingga kondisi keamanan masih menjadi perhatian.


Wilayah Sumy Oblast

Pasukan Rusia berada di sekitar Sumy, mempersulit kemungkinan operasi untuk menghentikan pengepungan ibu kota wilayah tersebut. Pasukan Ukraina telah beralih ke Trostianets, tidak lagi hanya mempertahankan bagian utara kota.

3. Garis Depan Sloboda

Wilayah Oblast Kharkiv

Pasukan Ukraina menyerang militer Rusia di pinggiran timur Kharkiv. Akibat serangan itu, pasukan Ukraina berhasil membebaskan Mala Rohan dan Vilkhivka.

Pasukan Rusia melintasi Seversky Donets di selatan Izium dan telah menembus garis perbatasan Ukraina, tetapi berhasil tertahan di Kamyanka dan Tykhotske. Status pasukan Ukraina di bagian selatan Izium tidak jelas.


Wilayah Oblast Luhansk

Pasukan Rusia terus mengebom Rubizhne, Sievierodonetsk, Lysychansk, dan Popasna. Namun, pasukan itu tidak bergerak di darat.

4. Garis Depan Pryazovia 

Wilayah Oblast Donetsk

Pasukan Rusia mengklaim telah merebut daerah antara Verkhnotoretske dan Panteleimonivka. Kabar itu belum terkonfirmasi.


Oblast Zaporizhzhia

Tidak ada perubahan kondisi di Zaporizhzhia Oblast.


Mariupol

Area di bawah kendali Ukraina perlahan terus menyusut. Presiden Perancis Emanuel Macron mengatakan bahwa pihaknya, Yunani, dan Turki sedang mengerjakan operasi kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil dari Mariupol.

5. Garis Depan Selatan

Wilayah Oblast Mykolaiv

Pasukan Rusia terpantau telah meninggalkan Snihurivka. Keberadaan pasukan Rusia di daerah Inhulka, Yavkyne, dan Partyzanske, belum terkonfirmasi.


Wilayah Oblast Kherson

Pasukan Ukraina membebaskan Novovorontsovka di tepi Oblast Kherson, wilayah utara.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top