Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biden akan Berkunjung ke Polandia, Ini Bocoran Gedung Putih

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu dengan Presiden Andrzej Duda pada Jumat (23/3) untuk membahas invasi Rusia ke Ukraina
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan melakukan perjalanan ke Polandia pada hari Jumat (25/3) untuk bertemu dengan Presiden Andrzej Duda untuk membahas invasi Rusia ke Ukraina.

"Presiden [Joe Biden] akan membahas bagaimana Amerika Serikat, bersama sekutu dan mitra kami, menanggapi krisis kemanusiaan dan hak asasi manusia yang diciptakan oleh perang Rusia yang tidak dapat dibenarkan dan tidak beralasan terhadap Ukraina," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki dalam sebuah pernyataan, Minggu (20/3/2022) dilansir ChannelNewsAsia.

Pernyataan itu menambahkan bahwa perjalanan Biden akan dilakukan setelah kunjungan ke Belgia untuk bertemu dengan para pemimpin dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Kelompok Tujuh (G7) dan Uni Eropa.

"Perjalanan itu akan difokuskan untuk terus menggalang dukungan dunia untuk rakyat Ukraina dan melawan invasi Presiden Putin ke Ukraina," kata Psaki tentang perjalanan Biden ke Eropa.

"Tapi tidak ada rencana untuk melakukan perjalanan ke Ukraina," imbuhnya.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki, bersama dengan perdana menteri Ceko dan Slovenia, melakukan perjalanan ke Kiev untuk mengunjungi ibu kota yang terkepung pada minggu lalu setelah Rusia menginvasi bekas tetangga Soviet pada 24 Februari 2022

Wakil Presiden AS Kamala Harris juga bertemu dengan Duda di Warsawa awal bulan ini, dengan keduanya mengutuk tindakan militer Rusia, terutama terhadap warga sipil.

Pertemuan itu terjadi tak lama setelah Amerika Serikat menolak tawaran Polandia untuk mengirim jet tempur MiG-29 ke Ukraina melalui pangkalan udara AS - tawaran yang membuat pejabat AS mengatakan bahwa proposal itu menimbulkan "keprihatinan serius" bagi seluruh aliansi NATO.

PBB memperkirakan bahwa sekitar 10 juta orang Ukraina telah meninggalkan rumah mereka, dengan sekitar sepertiga dari mereka pergi ke luar negeri, sebagian besar ke Polandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper