Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Susulan Magnitudo 5,4 Guncang Nias Selatan

Gempa susulan magnitudo 5,4 kembali guncang wilayah Nias Selatan, Sumatra Utara.
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Meteorologi dan Geofisika (BMKG) kembali mencatat gempa susulan di wilayah Nias Selatan, Sumatra Utara, dengan kekuatan 5,4 SR.

Adapun episenter gempa terkini  terletak pada koordinat 0,56 LS ; 98,54 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 143 Km arah tenggara , Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 16 km.

Gempa susulan terjadi pada pukul 21:12 WIB. "Tidak berpotensi tsunami," demikian penjelasan BMKG, Senin (14/3/2022).

Peristiwa terbaru ini adalah gempa susulan yang mengguncang wilayah Nias Selatan pada pagi hari tadi dengan magnitudo 6,9.

Penyebab Gempa

Adapun BMKG mencatatkan bahwa pusat gempa terjadi di kedalaman yang dangkal, karena adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengungkapkan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (14/3/2022).

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar memeriksa kondisi bangunan dan  tempat tinggal Anda agar cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum anda kembali kedalam rumah.

Adapun dampak gempa bumi dirasakan di daerah Padang, Siberut, Nias Selatan, Gunungsitoli dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tuapejat, Pariaman dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seperti truk berlalu).

Lalu untuk wilayah Dharmasraya, Payakumbuh, Kerinci,  Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, Solok dirasakan dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

BMKG mencatatkan gempa hari ini tidak menunjukkan adanya potensi Tsunami. Gempa hari ini juga menunjukkan adanya potensi gempa susulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper