Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI), Organisasi Dokter Sunardi yang Ditembak Densus 88

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menembak mati Sunardi, tersangka dugaan tindak pidana terorisme yang berprofesi sebagai dokter.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 11 Maret 2022  |  18:52 WIB
Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI), Organisasi Dokter Sunardi yang Ditembak Densus 88
Tangkapan layar ungkapan duka atas meninggalnya dokter Sunardi yang ditembak Tim Densus 88 Antiteror Polri. - Twitter @ProfesorZubairi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menembak mati Sunardi, tersangka dugaan tindak pidana terorisme yang berprofesi sebagai dokter.

Selain dokter, Sunardi disebut sebagai Pendiri Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI).

Lalu, apa itu HASI?

Beberapa sumber menyebut, Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) merupakan organisasi yang terkait dengan Al-Qaida. HASI juga disebut sayap organisasi Jemaah Islamiyah (JI).

Polri sendiri pernah menyebut HASI sebagai salah satu organisasi terduga terorisme. Dalam rilis resmi bertajuk Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris dengan Nomor: DTTOT/P-2a/ 931 /V/2016, Polri menyebut Angga Dimas Pershada dan Bambang Sukirno sebagai terduga teroris dengan atribusi Pendiri HASI, selain beberapa nama lain yang diduga terafiliasi dengan HASI.

Sementara itu, JI yang disebut memiliki hubungan dengan HASI merupakan organisasi militan Islam ini sudah sejak lama dituding berada di balik serangkaian teror di Indonesia.

Pada Desember 2000, Jamaah Islamiyah (JI) bertanggung jawab atas serangkaian teror bom gereja di Indonesia yang menewaskan belasan orang.

Hingga beberapa tahun berselang, JI melakukan pengeboman yang dikenal dengan sebutan Bom Bali 1 dan Bom Bali 2 menewaskan ratusan orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dokter teroris Jamaah Islamiah
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top