Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merapi Keluarkan Guguran Awan Panas, Ini Suasana Turunnya Hujan Abu

Gunung Merapi mengeluarkan guguran awan panas yang sempat meluncur hingga 5 km pada Rabu (9/3/2022) malam hingga Kamis (10/3/2022) dini hari. Wilayah di Magelang dilanda hujan abu tadi malam.
Bernadheta Dian Saraswati
Bernadheta Dian Saraswati - Bisnis.com 10 Maret 2022  |  11:45 WIB
Merapi Keluarkan Guguran Awan Panas, Ini Suasana Turunnya Hujan Abu
Arsip - Gunung Merapi saat terlihat meluncurkan lava pijar dari Turi, Sleman, Yogyakarta, Minggu (25/4/2021). - Antara/Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Gunung Merapi kembali mengeluarkan guguran awan panas ke tenggara sejauh 5 kilometer pada Rabu (9/3/2022) malam tadi.

Dari catatan BPPTKG, APG dengan jarak luncur sejauh 5.000 meter itu terjadi pukul 23.18 WIB, 23.29 WIB, 23.38 WIB, 23.44 WIB, dan 23.53 WIB, dengan amplitudo maksimal 75 milimeter dan durasi maksimal 570 detik.

Atas peningkatan aktivitas Gunung Merapi tersebut, sejumlah daerah pun diketahui dilanda hujan abu yang cukup deras, salah satunya Magelang, Jawa Tengah.

Dalam sebuah video yang dibagikan akun Twitter @merapi_uncover, Kamis (10/3/2022), hujan abu yang turun cukup deras tersebut membuat rumah-rumah penduduk dan tanaman tertutup abu vulkanik.

"Masih dari Dusun Babadan Desa Paten Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang hujan abu cukup deras 00.23 WIB," tulis akun tersebut.

Tanaman hijau yang ada di sekitar rumah warga pun seketika berubah menjadi abu kecoklatan karena tertutupi abu dari Gunung Merapi.

Sementara itu, warganet yang melihat tayangan video itu beramai-ramai memberikan beragam respons. Tidak sedikit dari mereka juga mendoakan agar kondisi di sekitar Gunung Merapi tetap aman.

"semoga semua dalam lindungan tuhan semesta alam semua...," tulis @alief_pn.

"semoga baik-baik saja merapiku," harap @wildhanakp.

Lepas dari itu, hingga berita ini ditulis, topik seputar Merapi menjadi bahasan hangat di jagat Twitter. Kata Merapi pun menjadi trending topic dan sudah dicuitkan lebih dari 7.000 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung hujan abu gunung merapi

Sumber : JIBI/Harianjogja.com

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top