Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Dikabarkan Lantik Kepala Otorita IKN Nusantara Besok

Jokowi dikabarkan telah mengantongi nama calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan bakal dilantik pada pekan ini.
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021)./Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, pada Senin (25/1/2021)./Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah mengantongi nama calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan bakal dilantik Kamis (10/3) besok.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Wandy Tuturoong mengatakan penunjukan Kepala Otorita IKN oleh Presiden Jokowi kemungkinan besok atau lusa.

“Ada kemungkinan 1—2 hari ini. Namun, saya belum bisa saya pastikan [kapan akan diumumkan],” kata Wandy kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Saat ditanya terkait nama calon kepala otorita yang akan ditunjuk Jokowi, dia mengaku belum dapat memberikan nama yang dipilih oleh Jokowi, tetapi dia memastikan posisi tersebut akan diumumkan langsung oleh Kepala Negara.

"[Tidak bisa disebutkan] kalau saya ngomong A, takutnya jadi B. Jadi, tunggu saja,” ujarnya.

Meski Wandy menolak mengungkapkan nama calon Kepala Otorita yang dipilih Jokowi. Namun, beredar kabar bahwa mantan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menjadi calon kuat Kepala Otorita IKN Nusantara yang bakal dilantik Jokowi besok.

Wandy pun melanjutkan, nantinya Kepala Otorita bisa langsung beroperasi setelah aturan turunan UU IKN terbit. Aturan turunan IKN yaitu Perpres tentang Otorita IKN dan Keppres tentang pengangkatan Kepala Otorita IKN sudah rampung.

"Ini sangat dimungkinkan sekali. Karena pada fase awal pembangunan IKN, kementerian yang relevan dengan pembangunan infrastruktur yakni Kementerian PUPR akan membantu pembangunan fisik IKN di bawah koordinasi Kepala Otorita IKN," katanya.

Tidak hanya itu, Wandy menyebut tiga kriteria Kepala Otorita IKN pilihan Jokowi. Pertama, harus memiliki pengalaman membangun dan mewujudkan pembangunan fisik dalam skala besar di organisasi pemerintahan atau swasta.

Kedua, Kepala Otorita IKN juga harus mampu mengkoordinasikan berbagai pemangku kepentingan dalam pembangunan dan pemindahan IKN. Mulai dari berbagai kementerian/lembaga yang terlibat dalam fase awal pembangunan IKN, hingga pemerintahan daerah di sekitar lokasi IKN.

"Karena pembangunan IKN tak bisa dipisahkan dari wilayah sekitarnya dalam sebuah rancangan tata ruang yang terintegrasi," jelasnya.

Ketiga, Kepala Otorita IKN baru harus punya kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak termasuk masyarakat setempat dan para ahli. Ini menjadi pertimbangan Presiden Jokowi dalam memilih calon Kepala Otorita IKN.

Selanjutnya, dia menuturkan kepala otorita akan berkantor di sekretariat IKN yang disiapkan Bappenas.

“Ada Sekretariat IKN, lintas kementerian yang sedang disiapkan Bappenas, di Balikpapan dan juga ada di Jakarta karena masih transisi. Kalau di Jakarta kan sudah di Bappenas koordinasinya, di Balikpapan yang untuk koordinasi lapangannya. Itu pun sementara sampai bangunan fisik di IKN-nya rampung,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan secepatnya melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini dikarenakan Undang-Undang (UU) Nomor 3 tahun 2022 tentang IKN sudah diundangkan pada 15 Februari 2022.

Setidaknya ada tiga nama yang digadang-gadang menjadi kandidat kuat yang dipertimbangkan Presiden Jokowi untuk menjadi Kepala Otorita IKN. Ketiga nama itu adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan mantan Wamenhub Bambang Susantono.

Jokowi sebelumnya mengatakan bahwa Kepala Otorita IKN akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Dia juga memastikan bahwa Kepala Otorita IKN akan dijabat oleh seseorang dari kalangan non-partai politik.

"Non-partai. Kriterianya, orang itu bukan berasal dari partai politik," kata Jokowi kepada wartawan usai peresmian Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat, NasDem Tower, Selasa (22/2/2022)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper