Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi! Perjalanan Luar Negeri Bebas Karantina via Bali Hari Ini

Luhut Pandjaitan menyebut Presiden Jokowi telah menyetujui aturan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri yang masuk Bali berlaku mulai hari ini.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 07 Maret 2022  |  15:36 WIB
Resmi! Perjalanan Luar Negeri Bebas Karantina via Bali Hari Ini
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui aturan penghapusan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri via Bali yang diujicoba mulai hari ini, Senin, 7 Maret 2022.

Meskipun demikian, Luhut menegaskan ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang masuk ke Pulau Bali.

"PPLN yang datang harus menunjukkan bukti booking hotel yang sudah dibayar minimal 4 hari, atau menunjukkan bukti domisili di Bali bagi WNI," kata Luhut dikutip dari YouTube Setpres, Senin (7/3/2022).

Kemudian, sambung Luhut, PPLN harus sudah divaksinasi lengkap dan booster. Selain itu, PPLN juga wajib melakukan entry test Covid-19 dan menunggu di hotel sampai hasil tes negatif keluar, selanjutnya bisa bebas beraktivitas dengan protokol kesehatan.

"PPLN kembali melakukan PCR test pada hari ke-3 di hotel masing-masing dan tetap harus memiliki asuransi kesehatan yang menjamin Covid-19 sesuai ketentuan," ujarnya.

Jika uji coba ini berhasil, pemerintah akan resmi menerapkan pembebasan karantina bagi PPLN yang masuk Bali pada 1 April 2022 atau lebih cepat.

Selain mengapus karantina untuk PPLN, Luhut menyatakan pemerintah juga melakukan penyesuaian terhadap aturan perjalanan domestik.

Luhut yang juga koordinator PPKM wilayah Jawa-Bali ini menyatakan penumpang transportasi darat, laut dan udara nantinya tidak lagi harus menyertakan hasil tes negatif Covid-19.

Dia mengungkapkan aturan baru perjalanan ini akan ditetapkan pada surat edaran yang diterbitkan kementerian atau lembaga terkait dalam waktu dekat ini.

"Pelaku perjalanan domestik dengan transportasi darat, laut, dan udara yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dan lengkap, tidak perlu menunjukkan bukti tes antigen dan PCR negatif, " ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bali karantina Luhut Pandjaitan Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top