Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Raya Nyepi 2022, Makna Ritual dan Wujud Raksasa Ogoh-Ogoh

Sebelum Hari Raya nyepi, umat Hindu di Bali menggelar pawai ogoh-ogoh merupakan boneka atau patung yang beraneka macam bentuk yang biasanya seperti raksasa dan menakutkan.
Sejumlah pemuda Hindu mengarak Ogoh-ogoh pada pawai terbatas di Pura Agung Wanakertha Jagatnatha, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (2/3/2022)./Antara
Sejumlah pemuda Hindu mengarak Ogoh-ogoh pada pawai terbatas di Pura Agung Wanakertha Jagatnatha, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (2/3/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi Tahun 2022 pada hari ini, Kamis (3/3/2022). Sebelumnya, dilakukan ritual pawai ogoh-ogoh.

Dikutip dari bulelengkab.go.id, di Bali, pawai ogoh-ogoh dijadikan suatu ajang untuk menunjukkan kreativitas anak-anak muda yang memiliki jiwa seni.

Ogoh-ogoh merupakan boneka atau patung yang beraneka macam bentuk dan merupakan simbol dari unsur negatif, kejahatan, segala keburukan yang berada di sekeliling kehidupan manusia.

Patung tersebut biasanya berbentuk atau berwujud seperti raksasa yang besar dan menakutkan.

Selain wujud raksasa, ogoh-ogoh juga sering berbentuk menyerupai gajah, naga, babi dan lain sebagainya. 

Bahan-bahan pembuatan ogoh-ogoh menggunakan gabus atau styrofoam dan ada juga yang menggunakan bahan ramah lingkungan seperti dari batang bambu dan kertas semen bekas.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini ogoh-ogoh kebanyakan terbuat dari gabus atau styrofoam, dikarenakan dengan bahan dasar styrofoam akan membentuk hasil yang lebih bagus dan halus.

Untuk proses pembuatan ogoh-ogoh dapat mencapai hingga berminggu-minggu sebelum Nyepi.

Lama waktunya tergantung dengan kerumitan desain, ukuran, jenis bahan serta banyaknya orang yang mengerjakan ogoh-ogoh tersebut. Biasanya di setiap tingkatan masyarakat dari banjar akan membuat ogoh-ogoh milik daerah mereka sendiri.

Selain menjadi sebuah ritual keagamaan, pawai ogoh-ogoh sendiri juga menjadi ajang beradu kreativitas anak-anak muda Bali, karena setiap anak muda masing-masing daerah akan berusaha membuat ogoh-ogoh sekreatif mungkin agar terlihat lebih unggul apalagi jika ogoh-ogoh tersebut dilombakan.

Pelaksanaan ritual ngrupuk dan pawai ogoh-ogoh berlangsung serempak sehari menjelang Hari Raya Nyepi atau tilem sasih kesanga di setiap banjar di seluruh Bali.

Pawai

Persiapan pawai biasanya telah dimulai sejak sore dan pawai akan berlangsung hingga menjelang tengah malam.

Agar dapat berjalan dengan tertib, Pemerintah Bali kemudian mengeluarkan sejumlah kebijakan, antara lain berupa penertiban rute pawai, pemusatan titik keramaian, dan melombakan kreativitas desain ogoh-ogoh yang dibuat oleh masyarakat.

Sejumlah upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pergesekan antarrombongan arak-arakan dari berbagai wilayah dan sekaligus mengemasi ajang tahunan ini menjadi suatu tontonan yang menarik bagi masyarakat pendatang, khususnya para wisatawan.

Dikutip dari Wikipedia, menurut para cendekiawan dan praktisi Hindu Dharma, proses ini melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dashyat.

Kekuatan tersebut meliputi kekuatan Bhuana Agung (alam raya) dan Bhuana Alit (diri manusia). Dalam pandangan Tattwa (filsafat), kekuatan ini dapat mengantarkan makhluk hidup, khususnya manusia dan seluruh dunia menuju kebahagiaan atau kehancuran.

Semua ini tergantung pada niat luhur manusia, sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia dalam menjaga dirinya sendiri dan seisi dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper