Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala BRIN Resmikan Gedung Laterio Hari Ini

Gedung Laboratorium Terpadu Riset Oseanografi (Laterio) akan diresmikan hari ini, Selasa (22/2/2022).
Laksana Tri Handoko dilantik menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu 28 April 2021 - Youtube Sekretariat Presiden
Laksana Tri Handoko dilantik menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu 28 April 2021 - Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Gedung Laboratorium Terpadu Riset Oseanografi (Laterio) akan diresmikan hari ini, Selasa (22/2/2022).

Keberadaannya merupakan wujud komitmen Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam membangun ekosistem riset nasional yang didukung oleh SDM unggul, infrastruktur riset terbuka dan pendanaan riset yang kompetitif.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyampaikan, bahwa terkait infrastruktur riset, BRIN mengusung kebijakan open laboratory agar investasi yang dilakukan membawa manfaat seluas-luasnya bagi para periset, akademisi dan mahasiswa di seluruh Indonesia secara berkelanjutan.

”Investasi tersebut ditujukan untuk mendorong kolaborasi dan hasil-hasil riset kelas dunia di bidang kelautan,” katanya melalui keterangan resmi, Senin (21/2/2022).

Salah satu platform riset global yang dicanangkan oleh BRIN, sambungnya, adalah digital green dan blue economy yakni riset ilmu kelautan melalui pengungkapan keanekaragaman hayati dan perubahan iklim memegang peran penting bagi negara kepulauan Republik Indonesia.

“Sebagai open laboratory untuk mendukung riset kolaboratif di Indonesia dan regional, fasilitas BRIN tersebut terbuka bagi para periset, akademisi dan mahasiswa di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Gedung Laterio dilengkapi dengan fasilitas Laboratorium Instrumentasi Terpadu dan empat belas laboratorium preparasi untuk mendukung berbagai disiplin dalam ilmu kelautan.

Handoko menyebut, Laboratorium Instrumentasi Terpadu disiapkan sebagai hub atau pusat bagi platform E-layanan Sains (ELSA) BRIN di Kawasan Ancol. 

Hal senada disampaikan Plt. Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Kebumian BRIN, Ocky Karna Radjasa.

Menurutnya, pembangunan Gedung Laterio yang dibangun pada periode 2020-2021, disiapkan sebagai regional hub untuk riset kelautan dan sebagai walidata nasional untuk ekosistem terumbu karang dan lamun.

"Sebagai walidata nasional dengan berbagai instrumen analisis laboratorium yang rutin digunakan oleh para periset lintas disiplin dalam ilmu kelautan,”tuturnya.

Ocky menambahkan, yang menjadi perhatian saat ini, telah terpasang alat automated digital microscope yang pertama di BRIN.

“Mikroskop lainnya seperti trinocular stereo microscope, trinocular compound microscope with phase contrast, dan fluorescence microscope, serta instrumentasi fluorescence imaging system untuk mendukung berbagai penemuan keragaman hayati laut Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, Laterio dilengkapi dengan instrumentasi inductively coupled plasma - optical emission spectrometer, mercury analyzer, graphite furnace atomic absorption spectrometer, Fourier transform infrared spectrometer, gas chromatography–mass spectrometry, autoanalyzer dan microbalance.

Dan instalasi berbagai instrumentasi laboratorium lainnya (raman spectrometer, scanning electron microscope, total organic content analyzer, particle size analyzer, colony counter, microplate spectrophotometer, accelerated solvent extractor).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper