Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabar Baik, Booster untuk Lansia Bisa Diberikan Lebih Cepat 3 Bulan

Vaksin penguat atau booster Covid-19 untuk lansia (>60 Tahun) bisa diberikan lebih cepat dengan interval minimal tiga bulan setelah mendapat vaksinasi primer lengkap.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 22 Februari 2022  |  09:49 WIB
Tenaga kesehatan menyuntikkan cairan vaksin dosis ketiga kepada warga lansia saat vaksinasi booster Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta, Rabu (12/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Tenaga kesehatan menyuntikkan cairan vaksin dosis ketiga kepada warga lansia saat vaksinasi booster Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta, Rabu (12/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Vaksin penguat atau booster Covid-19 untuk lansia (>60 Tahun) bisa diberikan lebih cepat dengan interval minimal tiga bulan setelah mendapat vaksinasi primer lengkap.

Dikutip dari informasi yang dilansir akun dokter Adam Prabata @adamprabata, Selasa (22/2/2022), aturan vaksinasi booster untuk lansia itu diatur pada SR.02.06/II/1123/2022.

Selain lebih cepat, vaksinasi Covid-19 dosis booster dapat dilakukan secara homolog atau heterolog.

Vaksin yang diberikan adalah regimen vaksin Covid-19 yang tersedia di lapangan dan sudah mendapat EUA dari BPOM serta sesuai dengan rekomendasi dari ITAGI.

Mengingat saat ini vaksin Sinovac yang didistribusikan jumlahnya terbatas dan diperuntukkan bagi sasaran anak usia 6-11 tahun, maka untuk booster ini dapat menggunakan vaksin selain Sinovac

Adapun, vaksinasi dosis primer tetap harus dikejar agar dapat mencapai target.

Adam menyebut, tata cara pemberian, tempat pelaksanaan, alur pelaksanaan dan pencatatan vaksinasi Covid-19 dosis booster tetap mengacu pada Surat Edaran Nomor HK.02.02/II/252/2002.

Selama ini, pemberian vaksin booster dilakukan setelah 6 bulan dari penyuntikan dosis kedua.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top