Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emmanuel Macron 'Happy' RI Borong Jet Tempur Rafale

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyebut kontrak pembelian jet tempur Rafale akan memperkuat kerja sama Indonesia-Prancis.
Emmanuel Macron/Reuters
Emmanuel Macron/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Prancis Emmanuel Macron ikut merespons soal kontrak pembelian jet tempur Rafale antara Kementerian Pertahanan dengan delegasi Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis.

Penandatanganan kontrak pembelian pesawat dilakukan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Macron mengatakan pembelian pesawat ini merupakan langkah baru untuk memperkuat kemitraan kedua negara.

Dia pun sangat senang Indonesia memilih Industri Pertahanan Prancis untuk membeli pesawat tempur.

"42 Rafale! Indonesia pilih keunggulan industri Prancis! Pengetahuan lebih dari 400 perusahaan Prancis dan ribuan pekerja yang merancang Rafale diakui. Di Indo-Pasifik, langkah baru ini memperkuat kemitraan kita," kata Macrob dikutip dari akun twitter-nya, Kamis (9/2/2022).

Pertemuan bilateral antara Kementerian Pertahanan RI dan Delegasi Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis diakhiri dengan penandatanganan beberapa Perjanjian kerjasama yang disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan kedua negara. 

Salah satunya, Perjanjian kerjasama kontrak pembelian 6 pesawat tempur Rafale antara Kabaranahan Kemhan dengan Dassault. Hal ini merupakan awal dari kontrak yang lebih besar untuk pembelian 36 pesawat tempur Rafale berikutnya. 

Selain pembelian pesawat,  pertemuan antaran Kedua negara menghasilkan MoU kerjasama di bidang research and development kapal selam antara PT PAL dengan Naval Grup, MoU kerjasama Program Offset dan ToT antara Dassault dan PT DI.

Kemudian, MoU kerjasama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group, dan kerjasama pembuatan munisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.

Menteri Angkatan Bersenjata Prancis H.E. Mrs Florence Parly mengatakan kunjungannya ini menjadi kesempatan untuk berbicara dengan Menhan Prabowo Subianto tentang berbagai program alutsista yang ingin dikembangkan Indonesia dengan dukungan Prancis. 

Dia menyebut Prancis bertekad mendukung secara aktif program-program strategis besar Indonesia dan mendukung pengembangan industri pertahanan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper