Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkumham Dukung Skema Travel Bubble Batam-Bintan-Singapura  

Kebijakan ini akan terus dipantau dan dievaluasi secara berkala.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  20:22 WIB
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona H Laoly (kiri) didampingi Plt. Dirjen Pemasyarakatan Makmun (kedua kiri) dan Direktur Pelayanan Tahanan dan Benda Sitaan Wahidin (kanan) meninjau lahan yang akan digunakan untuk pembangunan permukiman pemasyarakatan seusai melakukan peletakan batu pertama di Ciangir Legok, Tangerang, Banten, Rabu (11/10). - ANTARA/Muhammad Iqbal
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona H Laoly (kiri) didampingi Plt. Dirjen Pemasyarakatan Makmun (kedua kiri) dan Direktur Pelayanan Tahanan dan Benda Sitaan Wahidin (kanan) meninjau lahan yang akan digunakan untuk pembangunan permukiman pemasyarakatan seusai melakukan peletakan batu pertama di Ciangir Legok, Tangerang, Banten, Rabu (11/10). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mendukung dibukanya pintu pariwisata dalam negeri melalui skema travel bubble Batam-Bintan-Singapura. 

Kebijakan ini dinilai sangat baik untuk percepatan pemulihan pariwisata dan perekonomian di daerah tersebut. Adapun travel bubble adalah sistem koridor perjalanan yang bertujuan untuk membagi peserta ke dalam kelompok (bubble) yang berbeda dengan memisahkan peserta atau seseorang yang memiliki risiko terpapar Covid-19 baik dari riwayat kontak atau riwayat bepergian ke wilayah yang telah terjadi transmisi komunitas dengan masyarakat umum. 

Tindakan ini disertai dengan pembatasan interaksi hanya kepada orang di dalam satu kelompok  yang sama dan penerapan prinsip karantina untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19. 

“Kita semua sangat ingin kondisi lekas pulih. Kita berharap travel bubble ini bisa percepat kebangkitan pariwisata, dan perekonomian masyarakat,” katanya, Senin (24/1/2022). 

Yasonna berharap kebijakan travel bubble ini berjalan baik dan dapat menjadi contoh jika akan diterapkan di daerah lain. Dia memastikan pemerintah pusat, pemerintah daerah, bersama Satgas Covid-19 serta TNI-Polri akan melakukan evaluasi secara berkala. 

“Travel bubble ini sangat baik sebagai percontohan dan jajaran Kemenkumham harus bersinergi untuk pelaksaan keimigrasian di daerah travel bubble tersebut. Apalagi kita akan melaksanakan event-event besar, seperti KTT G20 di Bali nanti. Tapi evaluasinya kita lakukan setiap minggu, di antaranya untuk menentukan apakah kebijakan ini bisa dilanjutkan atau tidak,” ujarnya. 

Travel bubble dibuka mulai Senin, 24 Januari 2022, dengan salah satu pertimbangan pemerintah yakni Batam dan Bintan sudah berada di level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Mekanisme terkait travel bubble Batam-Bintan-Singapura tertuang dalam surat edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang mengatur pintu masuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) untuk travel bubble adalah melalui Nongsapura di Batam dan pelabuhan ferry di Telani, Bintan.

Dalam Surat Edaran itu juga termuat syarat berwisata ke Indonesia melalui skema travel bubble, yakni harus sudah dua kali vaksin, kemudian negatif PCR 3x24 jam, memiliki visa kecuali bagi WNA Singapura yang bagian dari ASEAN, dan mempunyai kepemilikan asuransi sebesar 30.000 dolar Singapura, serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan BluePass.

Dengan dibukanya travel bubble ini, Batam dan Bintan diwajibkan membentuk Satgas Penanganan Covid-19 daerah, menyiapkan hotel dan tempat-tempat yang sudah memenuhi cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imigrasi
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top