Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabatan Anies Berakhir, Plt Gubernur Jakarta Diharap Tidak Hamba Kekuatan Politik

Pejabat Gubernur Jakarta yang akan ditunjuk setelah masa jabatan Anies Baswedan berakhir diharapkan tidak menjadi hamba kekuatan politik.
Balai Kota DKI Jakarta./Istimewa
Balai Kota DKI Jakarta./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pejabat Gubernur DKI Jakarta yang akan ditunjuk setelah masa jabatan Anies Baswedan pada 16 Oktober 2022 berakhir diharapkan tidak menjadi hamba kekuatan politik tertentu.

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, kenetralan diperlukan karena dikhawatirkan pejabat Gubernur Jakarta yang ditunjuk langsung oleh pemerintah menjadi loyalis kekuatan politik tertentu.

"Itu penting. Sebab, khawatir karena ditunjuk langsung oleh pemerintah, mereka menjadi salah satu loyalis kekuatan politik tertentu, yang mestinya itu dihindari," kata Adit kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Kendati posisi gubernur tidak bisa sepenuhnya lepas dari kepentingan politik, dia menilai tetap diperlukan partisipasi publik untuk menjaga kepala daerah tetap berada di koridor yang dipenuhi dengan tugas-tugas melayani rakyat.

Selain itu, antisipasi bisa dilakukan dengan memastikan visi misi yang jelas oleh calon yang bakal ditunjuk menggantikan Anies Baswedan.

Dengan demikian, posisi pejabat gubernur DKI Jakarta tidak dilakukan lewat mekanisme beli kucing dalam karung.

"Sekali pun mereka orang kepercayaan pemerintah, tapi publik setidaknya tahu," ujarnya.

Kedua, harus ada pakta integritas pejabat gubernur, untuk mencegah perilaku 'cawe-cawe' dengan kepentingan politik, serta tidak mendukung kekuatan partai atau kelompok tertentu.

"Siapa yang bisa mengendalikan 270 pejabat kepala daerah, mereka adalah orang yang bisa memenangkan kemenangan politik pada 2024. Itu yang dikhawatirkan orang," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper