Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes: 400 Ribu Obat Covid Pfizer Paxlovid Sudah Tiba di Indonesia

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan 400 ribu obat Covid-19 buatan Pfizer, Paxlovid, sudah tiba di Indonesia.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 16 Januari 2022  |  19:10 WIB
Obat Covid/19 buatan Pfizer, Paxlovid
Obat Covid/19 buatan Pfizer, Paxlovid

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan 400 ribu Paxlovid, obat Covid-19 buatan Pfizer, sudah tiba di Indonesia. Budi juga menyebut rencananya obat tersebut juga akan diproduksi di Indonesia.

"Pemerintah sudah menyiapkan obat-obatan Paxlovid 400 ribu tablet sudah datang, kami sudah lihat. Rencananya juga akan diproduksi di Indonesia bulan Maret-April," kata Budi, Minggu (16/1/2022).

Budi juga menyebut, pemerintah tengah memproses untuk mendatangkan Paxlovid yang rencananya akan tiba pada Februari nanti.

"Kita sudah dalam proses mendatangkan Paxlovid juga ini antivirus dari Pfizer yang mudah-mudahan bisa datang di bulan Februari. Sehingga jika nanti terjadi lonjakan, obat-obatannya pun sudah siap," ujarnya.

Budi pun menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar obat-obatan untuk Covid-19 ini tidak hanya tersedia di puskesmas atau rumah sakit pemerintah saja tetapi juga di apotek-apotek.

"Jadi, obat mana yang bisa dibeli oleh umum, obat mana yang harus dibeli dengan resep dokter, dan obat mana yang hanya bisa diberikan melalui perawatan rumah sakit," paparnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (The United States Food and Drug Administration/US FDA) dilaporkan telah memberikan izin untuk penggunaan darurat pil antivirus corona SAR-CoV-2 milik Pfizer yakni Paxlovid sebagai obat Covid-19.

Paxlovid menjadi pil antivirus Covid-19 pertama yang mendapat izin penggunaan sebagai pengobatan untuk pasien gejala ringan dan sedang. Obat ini pun disarankan untuk orang berusia 12 tahun ke atas. Adapun, Obat itu juga digunakan untuk pasien berisiko tinggi, seperti risiko rawat inap dan kematian.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkes pfizer Obat Covid-19
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top