Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Health Tourism KEKK Gagasan Erick Thohir Disebut Tidak Kalah dengan Negara Tetangga

Health Tourism pada Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan (KEKK) Bali yang merupakan gagasan Menteri BUMN Erick Thohir diyakini bisa bersaing dengan negara tetangga.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 11 Januari 2022  |  17:58 WIB
Tampilan layar menampilkan Menteri BUMN Erick Thohir/Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Tampilan layar menampilkan Menteri BUMN Erick Thohir/Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Health Tourism pada Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan (KEKK) Bali yang merupakan gagasan Menteri BUMN Erick Thohir diyakini bisa bersaing dengan negara tetangga.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Mohammad Faisal mengatakan pembangunan rumah sakit bertaraf internasional tersebut diprediksi bisa menyangi negara China, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Menurut Faisal, masyarakat Indonesia, terutama kalangan menengah ke atas nantinya tidak perlu lagi berobat ke negara lain untuk pengobatan, tapi hanya perlu berobat di dalam negeri.

"Kita ini punya potensi untuk menyaingi rumah sakit internasional yang selama ini digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berobat di luar negeri terutama kalangan menengah atas yang dia harus berobatnya ke Singapura atau ke Penang, Malaysia," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (11/1).

Faisal juga mengapresiasi konsep yang digagas Erick Thohir tersebut karena dapat mengelaborasi  potensi berbagai sektor di antaranya kesahatan, sumber daya alam, manusia dan budaya Indonesia.Menurut Faisal, melalui konsep health tourism itu, masyarakat yang semula ingin berobat, bisa juga sembari berwisata di wilayah Bali.

"Saya rasa kita itu punya banyak keunggulan dan modalnya banyak untuk bersaing dengan negara tetangga kita," katanya.

Hal senada disampaikan oleh Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio yang menyarankan agar seluruh masyarakat Indonesia tidak meragukan tenaga kedokteran dari dalam negeri yang saat ini memiliki kemampuan mumpuni.

Selain memiliki infrastruktur alat medis berstandar internasional, tenaga medis Indonesia yang bekerja di dalamnya diyakini memiliki kemampuan yang tidak diragukan.

"Kalau dokter-dokter Indonesia sih menurut saya secara kemampuan saya tidak ragukan,” ujarnya.

Selain dokter yang berkualitas, kata Agus, Rumah Sakit Internasional ke depan juga perlu didukung dengan pelayanan laboratorium kesehatan yang prima. 

"Dan juga mekanisme di kita kecepatan di rumah sakit di laboratorium juga penting," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

erick thohir
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top