Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Garasi Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang Kena OTT KPK

Dikutip dari laman e-LHKPN, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendy tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp6.383.717.647 atau Rp6,38 miliar.
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama/Antara
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama 11 orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (5/1).

“Informasi yang kami peroleh, tangkap tangan ini terkait dugaan korupsi penerimaan janji atau hadiah pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di lingkungan Pemkot Bekasi,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Kamis (6/1/2022).

Ali menjelaskan, bahwa para pihak yang ditangkap termasuk Rahmat sedang diperiksa intensif. Akan tetapi KPK belum bisa menjelaskan secara rincil terkait kronologi perkara.

Untuk diketahui, Rahmat Effendi atau yang akrab disapa Bang Pepen ini sudah menduduki jabatan Wali Kota sejak 2011. Saat itu, dia berstatus Pelaksana tugas (Plt) karena menggantikan eks Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad yang terseret kasus korupsi. Pada 2012, dia baru dilantik menjadi pejabat definitif.

Rahmat ikut Pilkada 2013 yang berpasangan dengan Akhmad Syaikhu. Pasangan ini menang dalam satu putaran. Kemudian, Rahmat kembali ikut Pilkada 2018 berpasangan dengan Tri Adhianto.

Rahmat terakhir membuat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk periode 2020. Dalam laporannya dikutip dari laman e-LHKPN, Rahmat tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp6.383.717.647 atau Rp6,38 miliar.

Harta kekayaan Rahmat yang juga merupakan kader Partai Golkar ini terdiri dari tanah dan bangunan, kendaraan, harta bergerak, hingga kas, dan setara kas.

Ketua DPD Partai Golkar Bekasi ini tercatat memiliki sejumlah tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah seperti di Bekasi, Bogor dan Subang. Total nilai harta berupa tanah dan bangunannya mencapai Rp6,34 miliar.

Rahmat juga tercatat memiliki tiga mobil dan satu motor. Perinciannya, Toyota Sedan Crown SPR SL 2003 hasil sendiri senilai Rp165 juta.

Dia juga memiliki mobil Chrysler Cher LTD Contr 4.0 1997 hasil sendiri Rp240 juta, mobil JEEP Cherokee 1995 hasil sendiri Rp165 juta.

Selain itu, dia memiliki motor Jeep Cherokee Tahun 1998 hasil sendiri Rp240 juta.. Total nilai keempat kendaraan tersebut mencapai Rp810 juta.

Rahmat tercatat memiliki harta bergerak lainnya Rp170 juta. Kekayaan kas dan setara kas Rp610.915.238. Rahmat Effendi juga tercatat memiliki utang sebesar Rp1.553.199.591 atau Rp1,5 miliar.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan keterangan Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri dan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, mengatakan bahwa KPK telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu pada pukul 13.00 sampai 14.00 WIB.

"KPK telah melakukan giat tangkap tangan terhadap penyelenggara negara di Bekasi, Jawa Barat, siang hari ini mulai dari pukul 13.00 sampai 14.00 WIB," kata Ghufron, Rabu (5/1/2022).

Setelah OTT, para pihak yang saat ini diketahui salah satunya adalah Rahmat Effendi itu pun telah dibawa ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Mereka segera dimintai keterangan.

Sesuai dengan ketentuan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), KPK memliki waktu selama 1 x 24 jam untuk menentukan status dari pihak yang ditangkap tersebut.

Sampai saat ini, KPK belum menjelaskan lebih lanjut detail kasus terkait dengan OTT dugaan tindak pidana korupsi tersebut. Meskipun begitu, KPK menyampaikan akan segera menginformasikan detail kasus lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper