Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Syarat Kuliah Gratis dengan KIP Kuliah 

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda, pemerintah memberikan kuliah gratis dengan KIP Kuliah.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 22 Desember 2021  |  09:58 WIB
Pemerintah memberikan kuliah gratis melalui program KIP Kuliah kepada masyarakat yang kurang mampu. - ilustrasi mahasiswa sedang ujian masuk kuliah
Pemerintah memberikan kuliah gratis melalui program KIP Kuliah kepada masyarakat yang kurang mampu. - ilustrasi mahasiswa sedang ujian masuk kuliah

Bisnis.com, JAKARTA – Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan upaya negara dalam memberikan hak pendidikan tinggi bagi warganya. KIP Kuliah hadir atas Program Indonesia Pintar (PIP) dengan harapan anak Indonesia yang kurang mampu terutama yang memiliki prestasi akan dapat terus menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah.

Para penerima manfaat PIP akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah. 

KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

Berikut persyaratan penerima KIP Kuliah, melansir dari Kemendikbud RI, (22/12/2021):

1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Sementara itu, keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah wajib dibuktikan dengan salah satu dokumen berikut:

- Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) 

- Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)

- Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

- Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan

-Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Apabila calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka tetap dapat mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi. Syarat tersebut dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4 juta setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000.

Pemerintah terus memberikan akses untuk mempersiapkan generasi bangsa yang inovatif, kreatif, mandiri, dan berdaya saing tinggi melalui penguasaan ilmu dan teknologi terkini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kip kuliah
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top