Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini, 79 Tahun Mengenang Kelahiran Mendiang Soe Hok Gie

Hok Gie meninggal bersama rekannya, Idhan Dhanvantari Lubis, di puncak Gunung Semeru akibat menghirup asap beracun gunung tersebut.
Soe Hok Gie/diambil dari Buku Soe Hok Gie Sekali Lagi
Soe Hok Gie/diambil dari Buku Soe Hok Gie Sekali Lagi

Bisnis.com, JAKARTA -  Hari ini, 17 Desember 2021, merupakan hari kelahiran aktivis Soe Hok Gie.

Akun instagram @bysoehokgie yang mengabadikan dan menampilkan sejumlah kenangan sang aktivis membagikan foto yang memperingati hari kelahiran Soe Hok Gie tersebut.

IN MEMORIAM: 79 Tahun Kelahiran Soe Hok-gie ?

Selamat hari lahir, Soe..
Selamat hari lahir, Gie..
Selamat hari lahir, Hok-gie..

Umurmu begitu singkat, tapi karya dan pengaruhmu senantiasa terus hidup dan bergelora hingga kini ?

Mengutip Tempo, nama Soe Hok Gie menjadi ikon idealisme angkatan 66 dan awal Orde Baru. Seorang aktivis yang gemar mengkritik pemerintah melalui tulisan-tulisannya yang tajam. Berikut profil singkatnya.

Soe Hok Gie merupakan sosok yang dikenal karena pemikiran kritisnya saat rezim orde lama dan orde baru. Gie lahir pada 17 Desember 1942 di Jakarta. Gie merupakan putra dari pasangan Soe Lie Pit dan Nio Hoe An.

Anak keempat dari lima bersaudara ini sudah dekat dengan sastra sejak kecil. Melihat ayahnya adalah seorang novelis. Serta, hobi kecilnya mengunjungi perpustakaan umum bersama Soe Hok Djin, kakak Gie.

Setelah lulus dari SMA Kolese Kanisius jurusan sastra, ia meneruskan kuliah di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan sejarah, fakultas sastra. Selama berkuliah, ia sering memberikan tulisan-tulisan kritis terhadap kepemimpinan Presiden Soekarno.

Tak luput dari kritiknya, Partai Komunis Indonesia (PKI) juga turut menjadi objek bahasan karena sebagai partai yang berkembang di Indonesia saat itu.

Selain masa orde lama, Gie merupakan orang pertama yang memberikan kritikan pedas rezim Orde Baru. Seperti pada karya-karyanya mengenai pembantaian massal anggota PKI setelah G30S.

Mengutip buku “Catatan Seorang Demonstran” yang diterbitkan oleh LP3ES, Gie kerap kali melayangkan kritikan pada penguasa negara karena ingin menolong rakyat yang tertindas.

Gie terus menulis kritik tersebut walaupun mendapat banyak caci makian dari berbagai pihak. Bahkan Gie sering mendapat cemooh dengan membawa keturunannya.

Gie sering menulis dan dimuat pada media massa seperti Kompas, Indonesia Raya, Mahasiswa Indonesia, Harian Kami, dan Cahaya Keinginan.

Gie juga telah merilis beberapa buku, seperti pada 1983 dengan tajuk “Catatan Seorang Pengunjuk Rasa”, pada 1995 dengan buku bertajuk “Jaman Perubahan”, pada 1997 dengan buku bertajuk “Beberapa Orang di Persilangan Kiri Jalan”, dan pada 1999 dengan buku bertajuk “Di Bawah Lentera Merah”.

Gie meninggal pada 16 Desember 1969 ketika mendaki Gunung Semeru. Ia meninggal karena menghirup asap beracun dari kawah gunung. Gie meninggal bersama Idhan Dhanvantari Lubis, teman mendakinya. Ia dimakamkan pada 24 Desember 1969 di Menteng Pulo. Kemudian, dipindahkan ke Pekuburan Kober Tanah Abang.

Namun, Pekuburan Kober dibongkar oleh Ali Saikin pada 1975 sehingga harus dipindahkan. Akan tetapi, keluarga dan kerabatnya menolak, serta memilih untuk dikremasi. Akhirnya jasad Soe Hok Gie dibakar serta abunya disebar di Gunung Pangrango. Semeru menjadi lokasi embusan nafas terakhir, dan Pangrango adalah ujung perabukannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper