Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Setiap orang dewasa memiliki hak untuk menikah dan memiliki keluarga jika mereka mau
Ilustrasi pasangan yang akan menikah/Freepik
Ilustrasi pasangan yang akan menikah/Freepik

Hak berkebangsaan

Setiap orang berhak atas suatu kewarganegaraan dan tak seorang pun dapat kehilangan kewarganegaraannya tanpa ada sebabnya.

16. Hak menikah dan berkeluarga.

Setiap orang dewasa memiliki hak untuk menikah dan memiliki keluarga jika mereka mau. Pria dan wanita memiliki hak yang sama ketika mereka menikah, dan ketika mereka dipisahkan.

17. Hak memiliki properti.

Setiap orang berhak memiliki sesuatu atau membaginya. Tidak ada yang harus mengambil barang seseorang tanpa alasan yang kuat.

18. Kebebasan beragama dan berpikir.

Setiap orang berhak atas kebebasan berpikir, hati nurani dan memilih agama. Hak ini termasuk kebebasan untuk mengubah agama atau keyakinannya, dan kebebasan, baik sendiri atau dalam komunitas dengan orang lain dan di depan umum atau pribadi, untuk mewujudkan agama atau keyakinannya dalam mengajar, berlatih, beribadah dan bertakwa.

19. Kebebasan berekspresi.

Setiap orang berhak atas kebebasan berpendapat dan berekspresi. Hak ini termasuk kebebasan untuk menahan pendapat tanpa gangguan dan untuk mencari, menerima, dan menyampaikan informasi dan ide melalui media apa saja dan tanpa batasan apa pun.

20. Hak untuk majelis umum.

Kita semua berhak untuk bertemu teman-teman kita dan bekerja bersama dengan damai untuk membela hak-hak kita. Tak ada kebebasan seseorang untuk memaksa hak orang lain untuk mengikutinya dalam pertemuan tertentu.

21. Hak untuk berdemokrasi.

Kita semua berhak untuk mengambil bagian dalam pemerintahan negara kita. Setiap orang dewasa diizinkan untuk memilih pemimpin mereka sendiri.

22. Hak jaminan sosial.

Setiap orang sebagai anggota masyarakat, memiliki hak atas jaminan sosial dan berhak atas realisasi, melalui upaya nasional dan kerja sama internasional dan sesuai dengan organisasi dan sumber daya masing-masing.

23. Hak untuk bekerja dan sebagai pekerja.

Setiap orang dewasa memiliki hak untuk melakukan pekerjaan, dengan upah yang adil untuk pekerjaan mereka, dan untuk bergabung dengan serikat pekerja.

24. Hak untuk istirahat dan bersantai.

Setiap orang berhak untuk beristirahat dan bersantai, termasuk pembatasan jam kerja yang wajar dan liburan berkala dengan bayaran.

25. Makanan dan tempat tinggal.

 Setiap orang memiliki hak untuk hidup yang baik. Ibu dan anak-anak, orang tua, pengangguran atau sakit, dan semua orang berhak untuk dirawat ketika sakit. Seseorang juga memiliki kebebasan untuk memilih makanan.

26. Hak atas pendidikan.

Seseorang memiliki kebebasan atas pendidikan yang ditempuh.

27. Hak berpartisipasi dalam kehidupan budaya masyarakat.

Setiap orang berhak bebas untuk berpartisipasi dalam kehidupan budaya masyarakat, untuk menikmati seni dan untuk berbagi dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan manfaatnya. Setiap orang berhak atas perlindungan terhadap kepentingan moral.

28. Hak cipta.

Hak Cipta adalah hukum khusus yang melindungi kreasi dan tulisan artistik seseorang; orang lain tidak dapat membuat salinan tanpa izin. Kita semua memiliki hak atas cara hidup kita sendiri dan untuk menikmati hal-hal baik yang dibawa oleh seni, sains, dan pembelajaran.

29. Dunia yang Adil dan Bebas.

Harus ada ketertiban yang tepat sehingga kita semua dapat menikmati hak dan kebebasan di negara kita sendiri dan di seluruh dunia.

30. Tanggung jawab.

Kita memiliki kewajiban terhadap orang lain, dan kita harus melindungi hak dan kebebasan mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper