Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramalannya Dipercaya Sepanjang Masa, Ini Sosok Jayabaya

Prabu adalah raja dari Kediri yang terkenal ahli meramal. Sampai saat ini, ramalannya masih dipercaya sebagian masyarakat Indonesia.
Prabu Jayabaya
Prabu Jayabaya

Bisnis.com, SOLO - Ramalan Jayabaya menjadi mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat di Tanah Air sejak dulu sampai sekarang. Namun, siapakah sosok Jayabaya ini sebenarnya?

Dihimpun oleh Solopos.com dari berbagai sumber, Prabu Jayabaya adalah seorang raja yang terkenal dari Kerajaan Kediri. Di masa kepemimpinannya, ia berhasil membawa Kerajaan Kediri mencapai puncak kejayaan.

Di sisi lain, penyandang gelar Sri Maharaja Warmmeswara Madhusudana Wataranindita Parakrama Digjayottunggadewanama Jayabhayalancana itu juga dikenal sebagai peramal legendaris.

Nama besarnya sampai saat ini masih tercatat dalam ingatan masyarakat Jawa dan muncul dalam berbagai kesusatraan Jawa era Mataram Islam, seperti Babad Tanah Jawi dan Serat Aji Pamasa.

Konon, Prabu Jayabaya juga merupakan titisan Wisnu yang berasal dari negara Widarba.

Saat tua, dia dikisahkan turun takhta dan moksa di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kediri. Sampai saat ini petilasannya pun dikeramatkan oleh warga sekitar.

Sementara itu, ramalannya yang paling terkenal adalah akan datang suatu masa penuh bencana di mana gunung-gunung akan meletus, bumi berguncang, serta laut dan sungai meluap.

Dalam ramalan itu pula disebutkan, masa-masa tersebut penuh dengan penderitaan, kesewenang-wenangan, ketidakpedulian, hingga orang-orang licik berkuasa dan orang baik tertindas.

Setelahnya, ramalan yang ditulis ratusan tahun itu menyebut akan datang zaman baru. Zaman yang penuh kemegahan dan kemuliaan, yakni zaman keemasan Nusantara. Pada zaman baru itu akan datang datangnya sang Ratu Adil atau Satria Piningit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : JIBI/Solopos.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper