Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Negara dengan Tingkat Korupsi Tertinggi di Dunia

Hari Antikorupsi Sedunia 9 Desember 2021, ini daftar 10 negara dengan tingkat korupsi tertinggi dunia.
Pasukan Irak/Reuters
Pasukan Irak/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Antikorupsi sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember 2021. Simak daftar 10 negara dengan tingkat korupsi tertinggi dunia. Indonesia masuk?

Transparency International adalah sebuah organisasi internasional yang bertujuan memerangi korupsi dalam dunia politik. Organisasi non-pemerintah yang berbasis di Jerman ini, mendefinisikan korupsi sebagai penyalahgunaan kekuasaan publik untuk keuntungan pribadi.

Versi terbaru dari Indeks Persepsi Korupsi organisasi tersebut juga menyatakan bahwa kegagalan untuk mengendalikan korupsi secara signifikan, tentunya dapat memicu krisis global dalam demokrasi .

Melansir dari US News, Irak dinilai sebagai negara dengan tingkat korupsi tertinggi di dunia. Data tersebut diambil berdasarkan peringkat Negara Terbaik 2021 US News.

Karakterisasi ditetapkan pada 78 negara berdasarkan survei terhadap lebih dari 17.000 warga dunia. Dalam survei tersebut, para responden menjawab seberapa dekat mereka menghubungkan masing-masing negara dengan istilah "tidak korupsi", yang arti sebenarnya diserahkan kepada interpretasi mereka sendiri.

Atribut tersebut diperhitungkan dalam peringkat Negara Terbaik untuk transparansi serta negara terbaik untuk berinvestasi dan bermarkas di sebuah perusahaan. Irak menempati urutan terakhir di antara responden survei.

Komisi Integritas Irak mengumumkan bahwa pihaknya telah mendakwa 63 menteri saat ini dan mantan menteri dengan 92 tuduhan korupsi sepanjang 2020.

Sementara itu, Amerika Serikat berada di peringkat No. 24 dan dilihat sebagai negara tidak korup. AS turun dua peringkat dari tahun 2020.

Sebaliknya, Denmark, Kanada dan Jerman dipandang sebagai negara yang paling transparan pada 2021 dan mendapat predikat negara dengan indeks antikorupsi terbaik.

Berikut aftar 10 negara dengan tingkat korupsi paling tinggi di dunia pada 2021 seperti dilansir dari US News, Kamis (9/12/2021).

1. Irak
2. Kolombia
3. Meksiko
4. Brazil
5. Rusia
6. Guatemala
7. Kazakhstan
8. Libanon
9. El Salvador
10. Azerbaijan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper