Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Riuh Diksi 'Layaknya Suami Istri' pada Peristiwa Novia Widyasari

Diksi 'perbuatan seperti layaknya suami istri' riuh di media sosial. Warganet mengecam keras diksi tersebut. Netizen menilai tindakan Randy Bagus terhadap Novia Widyasari adalah pemerkosaan.
Hendri T. Asworo
Hendri T. Asworo - Bisnis.com 05 Desember 2021  |  12:42 WIB
Riuh Diksi 'Layaknya Suami Istri' pada Peristiwa Novia Widyasari
Ilustrasi pelecehan seksual. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri) merilis peristiwa bunuh diri yang menimpa Novia Widyasari karena ulah dari anggotanya bernama Bripda Randy Bagus yang diberi inisial RB oleh pihak kepolisian. 

Dalam keterangannya, yang dirilis melalui akun medsos @DivHumas_Polri, Minggu (5/12/2021), Polri menyatakan akan menindak tegas oknum RB pasca bunuh diri mahasiswi di Mojokerto.

Menurutnya, polri melalui Polda Jatim telah bergerak cepat terkait kasus bunuh diri seorang mahasiswi berinisial NWR di area makam Dusun Sugihan, Desa Capak, Kecamatan Suko, Kabupaten Mojokerto.

"Polri telah menahan dan sedang memproses oknum polisi berpangkat Bripda berinisial RB yang diduga dengan sengaja menyuruh NWR [Novia Widyasari ] untuk melakukan aborsi sebanyak dua kali. Jika terbukti bersalah, maka oknum tersebut akan ditindak tegas secara internal oleh Polri dan juga pidana umum." Demikian tulis Divisi Humas Polri.

Selanjutnya, pada rilis tersebut dijelaskan mengenai kronologi pertemuan antara Novia dan Randy sejak Oktober 2019. Pertemuan terjadi saat menonton acara launching distro baju di Malang. Kemudian, sambungnya, mereka bertukar nomor handphone, dan selanjutnya resmi berpacaran.

"Setelah resmi berpacaran mereka melakukan suatu perbuatan seperti layaknya suami istri dan berlangsung sejak tahun 2020 sampai 2021," ungkap Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol. Slamet Hadi Supraptoyo saat konferensi pers di Mapolres Mojokerto, Sabtu (4/12), seperti dikutip akun @DivHumas_Polri.

Diksi 'perbuatan seperti layaknya suami istri' ini kemudian menjadi riuh di media sosial. Warganet mengecam keras diksi tersebut. Netizen pun menilai tindakan terhadap Randy Bagus terhadap Novia Widyasari adalah pemerkosaan

Ungkapan 'diperkosa' pun menjadi trending topic di Twitter melawan pernyataan Divisi Mabes Polri mengenai 'perbuatan seperti layaknya suami istri'.  Saat berita ini diturunkan tercatat ada 59.000 cuitan yang mencatut kata 'diperkosa' di jagat maya.

Salah satunya yang memprotes diksi 'perbuatan seperti layaknya suami istri' adalah akun @iimfahima. 

Seniman Sudjiwo Tedjo pun ikut angkat bicara atas rilis Divisi Humas Mabes Polri.

Selain kata 'diperkosa' terlihat sejumlah diksi yang trending di Twitter, seperti Randy Bagus Hari Sasongko, Propam, #Noviawidyasari, #PenjarakanRandy, oknum, dan kasus.

Seperti diketahui, korban Novia Widyasari, 23, ditemukan tewas akibat bunuh diri di samping makam ayahnya yang terletak di area makam di Dusun Sugian, Desa Japan, Kecamatan Suko, Kabupaten Monokerto, Jawa Timur.

Novia Widyasari diduga depresi karena menggugurkan kandungan karena dipaksa oleh pihak Randy Bagus. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Randy Bagus telah memaksa Novia Widyasari melakukan aborsi sebanyak dua kali ketika mereka berpacaran.

"Korban selama pacaran, yang terhitung mulai Oktober 2019 sampai bulan Desember 2021 melalukan tindakan aborsi bersama [Bripda Randy Bagus] yang mana dilakukan pada bulan Maret 2020 dan bulan Agustus 2021,” kata Slamet Hadi.

Lebih lanjut, Slamet mengatakan Perbuatan Randy Bagus telah melanggar hukum internal Polri yang diatur dalam Perkap nomor 14 tahun 2011 tentang kode etik.

"Kami tidak pandang bulu, siapapun yang melakukan pelanggaran kita akan menerapkannya. Malam hari ini, kita sudah melaksanakan pentahapan. Yang terduga [Bripda Randy] sudah kami amankan," ujar Slamet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri bunuh diri pemerkosaan
Editor : Hendri T. Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top