Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Omicron Merebak di 38 Negara, AS dan Australia Konfirmasi Penularan Lokal

WHO menyatakan belum ada kematian yang dilaporkan akibat Omicron, dan virus itu sudah merebak di 38 negara.
Antrian vaksinasi Covid-19 di AS/ Bloomberg
Antrian vaksinasi Covid-19 di AS/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan hingga hari ini, Sabtu (4/12/2021) belum ada kematian yang dilaporkan dari varian B.1.1.529 atau Omicron, dan virus itu sudah merebak di 38 negara.

Dikutip dari The Guardian, varian Omicron  telah terdeteksi setidaknya di 38 negara. Amerika Serikat (AS) dan Australia menjadi negara terbaru yang mengonfirmasi kasus varian yang ditularkan secara lokal, karena infeksi Omicron mendorong total kasus Afrika Selatan melewati angka 3 juta kasus.

Pimpinan teknis Covid-19 WHO Maria Van Kerkhove, mengatakan organisasi tersebut memang melihat tingkat pertumbuhan yang meningkat dengan laporan tentang omicron telah terdeteksi di 38 negara di enam wilayah WHO.

“Ada anggapan bahwa ada peningkatan penularan, yang perlu kita pahami adalah apakah itu lebih atau kurang menular dibandingkan dengan Delta,” katanya, dikutip Sabtu (4/12/2021).

Sementara, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Mike Ryan, mengatakan, bahwa varian baru dari Virus Corona tersebut memang menular secara efisien.

“Dan kami melihat itu sebelumnya dengan Delta. Jadi sekali lagi, ada hal-hal tertentu [dari tingkat penyebaran] yang tidak perlu kita herankan,” kata Ryan.

Dia menjelaskan, bahwa Omicron memiliki sekitar 30 mutasi pada protein spike, yang merupakan mekanisme yang digunakan untuk mengikat sel manusia. Beberapa dari mutasi ini terkait dengan penularan yang lebih tinggi dan kemampuan untuk lolos dari perlindungan kekebalan, menurut WHO.

Omicron juga dikaitkan dengan kemampuan substansial untuk menginfeksi ulang orang yang sudah pernah terdampak Covid-19, dibandingkan dengan varian virus sebelumnya.

Namun, ahli epidemiologi Van Kerkhove mengatakan masih terlalu dini untuk memahami tingkat keparahan penyakit yang disebabkan oleh Omicron. Laporan awal gejala ringan dalam beberapa kasus pertama yang diidentifikasi didasarkan pada sekelompok mahasiswa yang cenderung lebih muda dan mengalami gejala yang lebih ringan daripada orang dewasa yang lebih tua, katanya.

“Ada laporan awal bahwa itu cenderung lebih ringan, tapi ini terlalu cepat. Setiap orang yang terinfeksi SARS-CoV-2 apapun variannya akan selalu dimulai dengan penyakit ringan. Jadi, mungkin itu akan berhenti di sana dengan penyakit ringan, beberapa orang tentu saja tanpa gejala, tetapi mungkin berhenti dengan penyakit ringan atau mungkin perlu waktu,” kata Van Kerkhove.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper