Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut: Geopark adalah Magnet Wisatawan

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan geopark memiliki potensi sebagai kawasan wisata yang mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 November 2021  |  16:20 WIB
Luhut: Geopark adalah Magnet Wisatawan
Wisata Tele Geopark Danau Toba di Kabupaten Samosir Sumatra Utara. - Dok. Kementerian PUPR
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan geopark memiliki potensi sebagai kawasan wisata yang mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

Menurutnya, kawasan Geopark mampu menjadi lokasi wisata yang akan menaik banyak minati pelaku wisata baik lokal dan mancanegara untuk berlabuh.

“Geopark ke depan akan menjadi magnet pariwisata Nusantara dan mancanegara,” ujarnya, dalam Konferensi Nasional Geopark II, dikutip dari YouTube Bappenas, Senin (22/11/2021).

Indonesia memiliki banyak situs geopark, salah satunya adalah Danau Toba. Bahkan, Nusantara disebutnya memiliki 16 situs geologi yang beberapa di antaranya telah diusulkan kepada Unesco untuk memenuhi status Global Geopark Network.

Selain Danau Toba, beberapa kawasan geopark di Tanah Air juga telah diakui dunia, seperti Rinjani, Batur, hingga Ciletuh. Dengan keunikan budaya dan keanekaragamannya, Luhut mengatakan situs-situs geopark perlu dilestarikan dan dilindungi.

“Ini tantangan sekaligus peluang bagi pengelola geopark untuk membuatnya bermanfaat bagi masyarakat secara terintegrasi,” katanya.

Pemerintah saat ini akan terus mendukung keberlangsungan kawasan geopark melalui peraturan hingga gerakan Bangga Berwisata di Indonesia.

Dia menjelaskan gerakan ini adalah kampanye untuk memulihkan sektor wisata di dalam negeri pasca-pandemi Covid-19. Gerakan itudinilai perlu dilakukan agar menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap kekayaan alam milik Indonesia.

"Ini lah tantangan sekaligus peluang kita mengelola geopark sekaligus memberi manfaat bagi masyarakat secara terintegrasi," katanya.

Sebagai informasi, Indonesia telah memiliki enam Unesco Global Geoparks, yakni Unesco Global Geoparks Belitong, Caldera Toba, Ciletuh-Pelabuhan Ratu, Rinjani, Gunung Sewu, dan Gunung Batur, Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisatawan Luhut Pandjaitan geopark
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top