Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Imbau Jaga Kawasan Geopark dan Jangan Dirusak

Jokowi mengimbau agar seluruh elemen bangsa menjaga kawasan Geopark sebaik-baiknya agar tidak mengalami kerusakan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 November 2021  |  14:53 WIB
Jokowi Imbau Jaga Kawasan Geopark dan Jangan Dirusak
Seorang wisatawan duduk di atas gugusan batu granit di Geopark Tanjung Senubing, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (9/2/2020). - ANTARA / M Risyal Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar seluruh elemen bangsa baik pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat turut menjaga kawasan geopark sebaik-baiknya agar tidak mengalami kerusakan.

"Perlu kita jaga, kita lindungi, dan kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan melakukan konservasi kawasan, melindungi agar unsur-unsur geologi yang masih utuh tidak serta-merta mengalami kerusakan," katanya dalam Konferensi Nasional Geopark II Indonesia, dikutip dari Youtube Bappenas RI, Senin (22/11/2021).

Jokowi menilai menjaga warisan alam merupakan langkah yang diperlukan untuk mewariskan kekayaan yang dimiliki Indonesia kepada generasi mendatang.

"Menjaga warisan geologi, geoheritage, serta nilai-nilai di dalamnya seperti nilai arkeologi, ekologi, sejarah, dan budaya sehingga bisa terus diwariskan kepada generasi yang akan datang," tuturnya.

Dia mengatakan, sebagai negara yang berada di wilayah cincin api (ring of fire), Indonesia memiliki banyak geopark yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air. Seperti Geopark Batur, pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geoparks pada 2012.

"Selanjutnya ada Geopark Gunung Sewu, Geopark Cileteuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba dan sebagainya," ujar Jokowi.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, geopark bukan hanya tempat konservasi, tetapi bisa dikembangkan untuk edukasi dan pengembangan ekonomi masyarakat sekitar melalui geowisata.

Alhasil, pengembangan tersebut dinilai menjadi keseimbangan antara konservasi lingkungan dengan pemanfaatannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kawasan Geopark adalah tempat belajar tentang warisan bangsa dan bahkan dunia, belajar tentang keragaman geologi, belajar tentang keragaman hayati, serta belajar tentang keragaman budaya," katanya.

Selain untuk edukasi bagi anak-anak bangsa, Jokowi mengatakan geopark juga bisa dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam, sejarah geologi dan keragaman budaya di geopark, tetapi juga bisa ikut terlibat untuk mengonservasi lingkungan.

"Saya melihat geopark cocok dengan tren pariwisata saat ini di masa pandemi yang mengedepankan ecotourism dan wellness tourism, setiap geopark memiliki keunikan yang perlu diangkat selain keunikan geologi daerah, vulkanik, flora dan fauna endemik dan budaya masyarakat yang berada di kawasan geopark, hal yang perlu diperkuat adalah story, narasi di setiap geopark," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi geopark
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top