Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut Mau Audit LSM, DPR: Itu Wewenang BPK dan BPKP

DPR menyebut rencana untuk mengaudit LSM di Indonesia tidak akan mudah.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 16 November 2021  |  13:00 WIB
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Achmad. - Antara
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Achmad. - Antara
Bisnis.com, JAKARTA - DPR mengungkapkan bahwa rencana Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengaudit lembaga swadaya masyarakat atau LSM di Indonesia tidak akan mudah. Pihak yang berwenang mengaudit adalah BPK dan BPKP.
 
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut, bahwa jumlah LSM di Indonesia sangat banyak dan pihak yang dapat mengaudit LSM tersebut hanya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
 
Menurut Dasco, BPK dan BPKP diprediksi kesulitan untuk melacak keuangan seluruh LSM di Tanah Air. Selain itu, BPK dan BPKP belum memiliki mekanisme untuk audit keuangan LSM.
 
"LSM di Indonesia ini kan banyak sekali ya, kalau diaudit nanti mekanismenya nanti seperti apa. Jadi biarlah BPK dan BPKP yang menyatakan apakah audit LSM ini dimungkinkan atau tidak," tuturnya di DPR, Selasa (16/11/2021).
 
Kendati demikian, Dasco menegaskan pihaknya setuju dengan semangat Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menginginkan LSM agar terbuka, akuntabel dan berintegritas.
 
"Nah, tapi semangat yang kemudian disampaikan kami setuju yaitu untuk, keterbukaan, akuntabiltas dan integritas harus dimiliki oleh teman-teman di LSM," katanya.
 
Sebelumnya, Luhut akan mengaudit seluruh LSM di Indonesia. Pasalnya, dia menilai banyak LSM yang menyampaikan informasi tidak benar kepada masyarakat.
 
Audit LSM itu berawal pada saat LSM Greenpeace mengkritisi deforestasi yang disampaikan Presiden Jokowi di acara KTT COP26 di Glasgow Skotlandia.
 
 
 
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lsm bpk Luhut Pandjaitan
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top