Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi La Nina, Luhut: Ayo Semua Dengarkan Wake Up Call BMKG!

Luhut Pandjaitan meminta semua pihak termasuk kementerian dan lembaga terkait untuk mengambil langkah antisipasi dan mitigasi dini dalam menghadapi ancaman La Nina.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 29 Oktober 2021  |  14:12 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait fenenomena La Nina yang akan terjadi hingga Februari 2022 di Indonesia.

Menindaklanjuti peringatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta semua pihak termasuk kementerian dan lembaga terkait untuk mengambil langkah antisipasi dan upaya mitigasi dini.

Sejumlah kementerian terkait tersebut adalah Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Kementerian LHK, Kemendagri, Kemensos, Kementerian Pertanian, hingga BNPB.

“Kementerian-kementerian tersebut harus berkoordinasi dan bersinergi untuk melakukan langkah-langkah pencegahan bencana hidrometeorologi dari hulu hingga hilir,” kata Luhut dalam acara Rakornas Antisipasi La Nina yang diselenggarakan oleh BMKG, Jumat (29/10/2021).

Luhut meminta pihak terkait untuk menyiapkan matriks rencana aksi sehingga sinergi bisa berjalan efektif, cepat, dan tepat.

"Saya minta sekali lagi kita semua harus hati-hati. Sudah ada peringatan dini dan akurasi dari BMKG dari waktu ke waktu saya lihat makin hebat. Ayo kita semua mendengarkan wake up call ini," ujarnya.

Adapun, fenomena La Nina bisa berdampak pada peningkatan curah hujan 20 hingga 70 persen di banyak wilayah di Tanah Air.

Akibat peningkatan curah hujan ekstrem ini, beberapa bencana alam seperti banjir, pohon tumbang, angin kencang, dan tanah longsor berpotensi terjadi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG cuaca ekstrem Luhut Pandjaitan La Nina
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top