Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nadiem Makarim: Sumpah Pemuda Hari Kemenangan Bagi Generasi Muda

Nadiem Makarim mengajak generasi muda untuk ikut dalam perjuangan meraih kemerdekaan dalam berbagai bidang.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  12:24 WIB
Nadiem Makarim: Sumpah Pemuda Hari Kemenangan Bagi Generasi Muda
Tangkapan layar - Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Ristek Nadiem Makarim. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim merefleksikan peringatan Sumpah Pemuda sebagai hari kemenangan bagi generasi muda.

“Hari Sumpah Pemuda merupakan hari kemenangan bagi kita. Hari di mana kita sebagai generasi muda Indonesia melompat bersama dengan rampak dan serentak,” kata Nadiem lewat Youtube Kemendikbud RI, Kamis (28/10/2021).

Lebih lanjut, Nadiem mengimbau agar selanjutnya generasi muda untuk terus maju bersama.

“Para pelajar di seluruh Indonesia, bayangkan jika generasi pendahulu kita tidak menyatukan gagasan mereka atas sebuah bangsa yang bersatu dan merdeka. Bayangkan jika sumpah pemuda tidak pernah dicetuskan dan diikrarkan oleh pemuda penggerak bangsa. Dan jika semua itu tidak pernah terjadi, saya yakin kita tidak berdiri di sini sebagai pelajar yang merdeka dalam menuntut ilmu dan meraih cita-cita. Kita harus terus mengingat tapak-tapak sejarah sebagai lompatan,” tuturnya.

Menurutnya, generasi muda perlu untuk tidak hanya sekadar mengejar ketertinggalan, tetapi juga melewati masa yang penuh tantangan dan keterbatasan secara bergotong-royong.

“Sekarang saatnya, jangan mundur lagi. Arahnya satu, maju. Caranya juga satu maju bersama. Kita harus melompat sekarang, karena mengejar ketertinggalan saja tidak cukup. Setelah melewati masa yang penuh tantangan dan keterbatasan. Ini waktunya bersatu, bangkit dan tumbuh,” ujarnya.

Nadiem yang menggunakan pakaian adat Melayu tersebut menambahkan Indonesia di tangan para pemuda adalah Indonesia yang memberikan contoh pada negara-negara lain.

Bahkan, Indonesia di tangan pemuda merupakan Indonesia yang memerdekakan generasi penerus untuk belajar, berinovasi, dan berbudaya.

Oleh sebab itu, dia mengajak generasi muda untuk ikut dalam perjuangan meraih kemerdekaan dalam berbagai bidang. Perbedaan bukan halangan bagi kekuatan untuk menyatukan semua.

“Keberagaman bukan alasan untuk mundur, tetapi mendorong untuk bergerak serentak dengan teman-teman pemuda. Usia saya tidak jauh berbeda. Saya merasakan tantangan yang dihadapi, saya belajar lebih baik untuk bangsa ini, cita-cita bangsa dengan cara yang positif dan berkolaborasi," kata Nadiem.

Dia melanjutkan, agar ke depan generasi muda untuk terus bersatu dan maju bersama untuk Indonesia agar menjadi bangsa yang tangguh.

“Mari tetap semangat bergerak serentak, mewujudkan Merdeka Belajar untuk semua pemuda-pemudi Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumpah pemuda Nadiem Makarim
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top